alexametrics

Dinar Laudya Rasti dan Balqis khairunissa, Kakak Beradik Jago Taekwondo

Berawal dari Iseng, Kini Mengoleksi Banyak Medali Emas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kota Semarang ternyata memiliki banyak bibit atlet berpretasi di bidang olah raga Taekwondo. Adalah Dinar Laudya Rasti dan Balqis Khairunissa. Dua kakak beradik ini baru saja meraih kejuaraan Taekwondo Kapolri Cup.

M Hariyanto, Radar Semarang

DINAR merupakan alumni SMPN 29 Kota Semarang yang sekarang tercatat sebagai siswa kelas 1 SMAN 15 Kota Semarang. Sedangkan adiknya masih tercatat di SMPN 29 Kota Semarang, mengikuti jejak Dinar.

Dinar mengaku tertarik beladiri Taekwondo sejak duduk di bangku SMP kelas 3 di SMPN 29. Sedangkan adiknya Balqis kelahiran Semarang, 3 Agustus 2008, ketika itu masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

“Awalnya ya iseng-iseng, disuruh papa. Terus latihan di SBI bareng sama adik, seminggu tiga kali. Ternyata menyenangkan juga, bisa beladiri,” kata gadis kelahiran Semarang, 28 Agustus 2006 ini.

Berkat dukungan orang tua dan semangatnya berlatih, Dinar dan Balqis mampu menunjukkan bakatnya. Sekarang, ikat pinggang yang dipakai adalah sabuk merah strip satu, sama dengan adiknya. Bahkan, ketika empat sampai lima bulan pertama berlatih, sudah langsung terjun di Kejuaraan Magelang tahun 2019.

Baca juga:  Semula Tak Respon, Sekarang Para Lansia Sangat Produktif

“Awalnya ikut lomba hanya iseng juga. Ya kali pertama lomba, rasanya minder, nervous, dan keluar keringat dingin. Eh ternyata bisa juara juga, dapat juara satu. Adik saya juara dua,” bebernya.

Kejuaraan pertama yang menorehkan prestasi ini, membuat Dinar dan Balqis merasa bangga. Hingga, selalu aktif mengikuti turnamen maupun kejuaraan bergengsi di Indonesia. Bahkan kini sudah mengoleksi banyak medali. “Senang, dapat medali emas dan perak, dapat penghargaan juga tingkat nasional. Tambah semangat lagi. Masuk sekolah juga dapat jalur prestasi,” katanya sembari tersenyum.

Putri pertama Rahmat Heri Setiawan, anggota Resmob Polrestabes Semarang ini menegaskan, beladiri yang dimiliki kedua putrinya bukan untuk gagah-gagahan saja. Menurutnya, itu untuk membentuk mental dan menjaga diri.

“Biar punya keberanian, punya mental, bukan berani untuk bertengkar, enggak. Tapi untuk membentuk mental biar percaya diri dan bisa menjaga diri. Apalagi saya ini perempuan,” tegasnya.

Baca juga:  Begini Harapan Orangtua Kapten Timnas Sepak Bola Andy Setyonugroho

Gadis yang tinggal di Kelurahan Kedungmundu, Kecamatan Tembalang menambahkan, akan terus giat berlatih untuk mengasah kemampuan dalam menyiapkan kejuaraan-kejuaraan berikutnya. Pelajar yang bercita-cita sebagai anggota Polri ini juga bercita-cita menjadi atlet profesional. Apalagi bisa membawa nama harum Kota Semarang dan Indonesia. “Intinya tetap semangat, tidak boleh menyerah. Selalu menjaga sportivitas. Dan tetap terus berlatih,” pungkasnya.

Meski begitu, kejuaraan terbaru yang dia ikuti adalah Taekwondo Kapolri Cup 3 tahun 2021 yang berlangsung 25-27 Februari 2022 lalu. Untuk mengikuti kejuaraan tersebut, dirinya sudah lolos seleksi di tempatnya berlatih di Sasana Taekwondo SBI Klipang Center Semarang dibawah asuhan Sabeum Teguh.

“Waktu itu tiap klub ada undangan, kemudian saya terpilih untuk ikut. Karena masih masa pandemi Covid-19, kejuaraan Kapolri Cup ini sistemnya virtual dengan cara mengirimkan video. Pesertanya dari klub taekwondo se-Indonesia,” bebernya.

Baca juga:  Melakukan Edukasi hingga Rescue Satwa Liar

Bela diri Taekwondo yang diikuti bukan yang fighter, tapi yang seni jurus Taekwondo. Sedangkan dalam kejuaraan tersebut, setiap satu kali pertandingan dalam video tersebut mengajukan empat orang. “Iya, saya juara satu, adik saya juara dua. Saya mendapat medali emas, adik saya dapat medali perak,” ungkap Dinar.

Tak hanya kejuaraan Kapolri Cup, Dinar dan adiknya juga sering menorehkan prestasi dalam kejuaraan lainnya. Berbagai kejuaraan yang diikuti adalah Magelang Open Taekwondo Championship 5-7 Juli 2019, Dinar meraih medali emas.

Kejuaraan Taekwondo Cup STIE BANK BPD Jateng 2019 pada 8 September 2019 juara dua meraih medali perak. Kejuaraan Palagan Open Taekwondo Championship II 2020 tingkat Provinsi Jateng 8-9 Februari 2020 dapat juara 2 mendapat medali perak. Kemudian, Kejuaraan National Heroes Day 8-10 November 2021 juara 3 medali Perunggu. (*/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya