alexametrics

Aurela Kalista Purnomo, Siswi SMPN 29 Semarang Siap Ikuti Kejuaraan Dunia Wushu

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – SMP Negeri 29 Semarang memiliki bibit atlet beladiri berprestasi. Namanya Aurella Calysta Purnomo. Siswi kelas IX ini adalah atlet wushu yang akan dipersiapkan mengikuti kejuaraan dunia pada akhir tahun 2022 mendatang.

Aurella Calysta Purnomo akrab disapa Aurel. Ia siap mengikuti kejuaraan dunia wushu yang rencananya akan diselenggarakan akhir tahun ini di Jakarta. Gadis kelahiran Semarang, 2 Febuari 2007 ini, masih menunggu jadwal pasti kejuaraan tersebut.

“Kemungkinan akhir tahun 2022. Saya akan mewakili Indonesia. Kalau dari Indonesia ada 20-an peserta,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Selasa (4/1).

Saat ini, hari-hari Aurel disibukkan latihan untuk persiapan mengikuti kejuaraan bergengsi tersebut. Ia tinggal di mess. Sehingga harus berpisah sementara dengan keluarganya yang tinggal di daerah Gemah, Pedurungan.

“Iya, sekarang di mess. Untuk persiapan Pelatnas di Semarang. Tinggal di wisma atlet,” katanya.

Baca juga:  Persilakan Aktivitas saat Nataru asal Patuh SOP

Aurel belum bisa mengetahui lawan terberat dari negara mana. Hanya saja, yang ada dalam pikirannya bakal menghadapi lawan yang postur tubuhnya lebih tinggi darinya.

“Postur tubuhku dengan berat 39 kg kalau di Indonesia kan pendek-pendek. Beda dengan dari luar negeri. Mungkin lebih tinggi,” ujarnya.

Dia membeberkan, proses menjadi atlet nasional tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh perjuangan keras untuk mewujudkannya. Ia harus latihan setiap hari.

“Sejak kelas 6 SD saya sudah ikut latihan. Diajak papa. Awalnya, males banget latihan. Ya berat, setiap hari latihan fisik, lari, dan sparing-sparing. Tapi saat mendapat juara, saya jadi semangat,” katanya.

Diakui, selama pandemi covid, dia sempat tidak latihan. Sehingga begitu kembali aktif latihan, ia sempat ngedrop. “Tapi Alhamdulillah sekarang sudah normal lagi,” ucapnya.

Baca juga:  Tinjau Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka, Hendi Coba GeNose

Selain wushu, Aurel juga jago beladiri muay thai yang ditekuni sejak kelas 6 SD. Bahkan saat duduk di bangku kelas 1 SMP, Aurel pernah menyabet juara muay thai.

“Kali pertama saya justru terjun di kejuaraan muay thai. Tapi, sekarang saya fokus ke wushu. Yang fighting, bukan yang tombak,” bebernya.

Diakui, saat kali pertama terjun di kejuaraan muay thai, dirinya sempat grogi. Apalagi langsung bertemu lawan dengan postur tubuh lebih tinggi dan besar.

“Biasanya cara menghilangkan nervous, saya percaya diri saja kalau bisa. Tidak lupa berdoa. Waktu ikut kejuaraan muay thai kali pertama langsung bertemu lawan cewek, posturnya tinggi. Sama dengan saat wushu, Alhamdulillah saya langsung menang,” kenangnya.

Gadis yang sudah mengoleksi lima medali emas dan dua perak ini mengaku memiliki bakat bermain wushu mengalir dari darah orangtuanya.

Baca juga:  Dari Hobi Pelihara Kucing, Kini Punya Lima Kafe

“Alhamdulillah, orang tua terus memberi support dan mendukung penuh. Jadi, lebih nyaman. Semoga bisa terus sukses dan berprestasi,” harap putri sulung dari dua bersaudara pasangan Andi Purnomo dan Rahmawati Puji Utami ini.

Aurel mengakui, di tengah kesibukan berlatih, ia sedikit tidak fokus dalam pendidikan. Namun hal itu bisa diatasi. “Siang dan sore latihan. Jadi ada tugas-tugas sekolah yang kurang fokus, susah banget ngejar deadline. Tapi Alhamdulillah tetap terselesaikan,” katanya.

Meski kerap mengikuti kejuaraan wushu hingga tingkat nasional, Aurel bersyukur belum pernah mengalami cedera yang fatal, baik saat berlatih maupun bertanding. “Alhamdulillah belum pernah cedera. Ya, semoga tetap baik-baik saja, dan selalu berhati-hati,” ujarnya. (mha/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya