alexametrics

Melatih Ilmu Kewirausahaan, Hilangkan Kecanduan Gadget

Siswa SMA Negeri 5 Semarang Ciptakan Permainan Embara Niaga

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Sebanyak 17 siswa SMA Negeri 5 Semarang menciptakan permainan Embara Niaga. Permainan kartu ini bertemakan bisnis, yang bisa mengalihkan generasi milenial dari kecanduan gadget.

EMPAT siswa itu asyik bermain kartu. Bentuknya seperti kartu remi. Namanya permainan kartu Embara Niaga. Permainan yang diciptakan oleh siswa SMA Negeri 5 Semarang ini bisa dimainkan oleh dua hingga lima orang.

President Director Embara Niaga Athallah Rizqi R menjelaskan, permainan yang dibuat bersama timnya memiliki banyak kelebihan. Di antaranya, dapat melatih dalam ketelitian, intuisi, dan strategi. Kartu dan boks memiliki kualitas terbaik, termasuk kemasan compact mudah dibawa kemana –mana.

Dikatakan, permainan itu bertujuan untuk melatih ilmu kewirausahaan generasi muda. Dengan demikian, ke depan akan banyak anak-anak muda menjadi pengusaha.

Baca juga:  Dari Hobi Pelihara Kucing, Kini Punya Lima Kafe

Adapun permainanya semacam kartu tentang bisnis. Di dalamnya ada kartu saham berfungsi untuk modal, dan kartu bahaya yang bisa mengetahui tantangan ekonomi, seperti ada kenaikan harga, utang perusahaan dan lainnya.

“Pemenang ditentukan dari banyaknya kekayaan yang dimiliki atau saham atau modal perusahaan hasil permainan itu. Permainan ini kami rancang dari ide sampai jadi dalam waktu satu bulan,”jelasnya.
Permainan ini diluncurkan secara daring dalam event Gistace Student Company yang dilakukan oleh Kepala SMA Negeri 5 Semarang Dr Siswanto MPd dan Robert Gardiner selaku Co-Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia (PJI).

Siswanto mengatakan, ide yang dibuat para siswanya merupakan ide cemerlang. Ia berharap ke depan bisa lebih sukses.

Baca juga:  Ada Jamu Cair dan Serbuk, Omzet Rp 10 Juta Per Bulan

Menurutnya, ide bisnis dari permainan itu sangat tepat diluncurkan saat ini, yang sedang pandemi Covid-19. Karena adanya kejenuhan sejumlah pelajar dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ). Sehingga melalui permainan itu, bisa turut mengatasi kejenuhan yang ada.

“Termasuk dapat dijadikan sesuatu kegiatan yang saling membangun komunikasi antarpemain. Saya mendukung dan mendoakan agar semua bisa menjadi enterpreneur sukses. Pesan saya tetap rendah hati, tetap semangat dan selalu menjadi penyemangat untuk semua,”ungkapnya. (*/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya