alexametrics

Karya Anggota Forum Demak Kreatif Pernah Dibeli Cristiano Ronaldo

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID – Puluhan pelaku industri kreatif di Kabupaten Demak tergabung dalam komunitas. Namanya Forum Demak Kreatif (FDK). Kiprah mereka sudah diakui. Bahkan, karya lukis dari anggota FDK sampai ke tingkat internasional.

Lukisan kolosal berukuran 1,5 x 8 meter itu dibentangkan di depan Museum Masjid Agung Demak. Lukisan yang diawali dari goresan kuas dari Plh Bupati Demak Joko Sutanto tersebut menceritakan sejarah pewayangan Kota Demak. Lukisan berjudul Nguri-Nguri Budaya tersebut hasil karya tangan-tangan kreatif oleh 25 seniman lukis yang melebur jadi satu. Ya, itu adalah lukisan sebagai kado spesial hari jadi ke-518 Kabupaten Demak pada 28 Maret lalu.

Eksistensi FDK sendiri sudah cukup diakui di Kota Wali.  Komunitas ini berdiri sejak 28 Februari 2019. Saat ini, sudah terdapat 17 sub sektor dari para pelaku industri kreatif putra-putri asli Demak. “Memang yang lumayan dikenal itu para seniman lukisnya. Tapi sebenarnya banyak sektor kreatif lain yang sedang kami garap,” jelas Ketua FDK  Ershad Salam kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Awal terbentuknya FDK berawal dari ketidaksengajaan. Saat itu, Ershad ingin mencari lukisan Bung Karno di Facebook. Ia menemukan lukisan yang dicarinya tersebut. Syahdan ia menghubungi si pembuatnya. Ketika melihat langsung, ia keheranan lantaran lukisan tersebut sangat bagus, sudah setara kelas internasional.

“Saya sangat menyayangkan kalau kualitas sebagus ini cuma dipasarkan hanya di sekitaran sini saja. Ini harus dipasarkan keluar,” tuturnya.

Saat itulah ia sadar, Demak menyimpan potensi dan peluang yang luar biasa. “Cuma belum ada wadah bagi mereka untuk membantu memasarkan ke pasar nasional atau internasonal,” katanya.

Berawal dari hal itu, ia berinisiatif membuat semacam tempat bagi para pekerja seni untuk bisa lebih mengenalkan karya-karyanya. Hingga terbentuklah Forum Demak Kreatif. Basecame-nya di Perumahan Griya Baktipraja Blok E17 Kota Demak.

Anggota FDK berasal dari semua kalangan, termasuk para penyandang disabilitas. Ershad ingin agar FDK bisa menjadi semacam rumah bagi siapa saja yang ingin belajar dan berbagi. “Kami tidak membatasi siapa saja yang ingin bergabung, semua kami rangkul,” ujarnya.

Yang istimewa, salah satu lukisan karya anggota FDK, Mukhlisin Jalembong, pernah dibeli oleh Cristiano Ronaldo. Pemain andalan Juventus tersebut membeli langsung lukisan wajahnya dari pelukis asli Demak. “Ini menjadi bukti bahwa kualitas kita memang bukan main-main,” katanya.

Setelah melihat pergerakan dari FDK, Ershad mengaku banyak pihak yang mulai melirik komunitas yang diprakarsainya tersebut. “Kemarin dari Dinas Pariwisata mengajak diskusi untuk membuat semacam komite ekonomi kreatif di Demak,” tuturnya.

Jika lancar, ini bisa menjadi kabar baik bagi para pelaku ekonomi kreatif. Ke depan, Ershad bersama teman-teman FDK berharap agar komunitasnya semakin berkembang. Para pelaku ekonomi kreatif bisa banyak yang bergabung. Ia juga akan terus berupaya menggali potensi yang ada di Demak, kemudian membantu promosi dan pemasaran supaya para pelaku ekonomi kreatif bisa sejahtera.

Dalam waktu dekat ini, sebelum bulan puasa, rencananya FDK akan membuat pameran galeri di Gedung MPR RI. “Doakan saja semoga semuanya lancar,” harapnya (cr2/aro)

 

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Syekh Jumadil Kubro Generasi Pertama Walisongo

RADARSEMARANG.ID - Makam Syekh Maulana Jumadil Kubro ditemukan pada zaman penjajahan Belanda. Makamnya berlokasi di Jalan Arteri Yos Sudarso...

Lainnya

Menarik

Populer

Taman Pierre Tendean Usung Konsep Smart Park

RADARSEMARANG.ID, Semarang - Taman Pierre Tendean bakal menjadi taman percontohan di Kota Semarang. Mengusung konsep Smart Park dengan sentuhan...