alexametrics

Dapat Sertifikat Barista, Buka Kedai Kopi di Penjara

Napi Lapas Wanita Bulu Semarang Dibekali Keterampilan Barista

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Tak kalah handal, 20 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Perempuan Semarang atau Lapas Wanit Bulu siap menjadi peracik kopi alias barista. Hasil dari pelatihan ini menjadi bekal para napi ketika keluar dari penjara.

Lapas wanita Bulu Semarang terus berinovasi. Salah satunya menyediakan pelatihan barista untuk para napi. Sebelumnya, ada 20 jenis pelatihan yang digelar di lapas ini. Seperti pelatihan memasak, menjahit, eco printing, make up, membatik, dan lain-lain. Kini, ditambah satu lagi, yakni pelatihan barista. Alhasil, lapas di Jalan MGR Soegijapranata ini pun menjadi lapas pertama di Indonesia yang menyediakan pelatihan barista.

Pelatihan menjadi peracik kopi ini dimulai di tengah pandemi pada Juni 2020. Setidaknya 20 napi mengikuti pelatihan barista yang menggandeng Forum Kewirausahaan Sosial (FKS) Jawa Tengah. Hasilnya, kini di kompleks lapas sudah didirikan kedai kopi. Namanya Kedai Lopse.

Baca juga:  32 Warga Binaan Lapas Terbuka Kendal Dapat Remisi Khusus

Kafe mini ini berada di pojok blok. Bercat pink ciri khas perempuan. Seperti namanya, kedai ini dilengkapi dengan berbagai jenis kopi dan peralatan meracik kopi. Supaya makin terlihat bak barista, mereka juga mengenakan apron alias celemek.

 BEKALI KETERAMPILAN: Sebanyak 20 warga binaan Lapas Wanita Bulu Semarang mengikuti pelatihan barista kopi. (kanan) Kedai Lopse yang didirikan di kompleks lapas. (DOKUMEN LAPAS WANITA BULU)

Kedai Lopse yang didirikan di kompleks lapas. (DOKUMEN LAPAS WANITA BULU)

Sukiman, salah satu pelatih sekaligus owner Kopi Petruk sempat pesimistis para Warga Binaan Pemasyarakatan bakal tertarik mengikuti pelatihan barista. Namun ternyata di luar dugaan. Mereka begitu antusias mengikuti pelatihan dari awal hingga akhir. Bahkan, Sukiman sendiri merasa jika kemampuan warga binaan saat ini tidak kalah dengan barista yang profesional.

“Saya tidak menyangka kopi buatan mereka luar biasa dan sangat layak jual, tidak kalah dengan barista profesional” jelas Sukiman kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Sukiman menyebutkan, biaya yang biasa dipatok untuk mengikuti pelatihan barista sekitar Rp 5 juta. Namun para WBP beruntung bisa mendapatkan pelatihan di Lapas Wanita Bulu, karena mereka tidak dipungut biaya alias gratis.

Baca juga:  Pensiunkan Sepeda, Ganti Motor Listrik dari Kemensos

Ia menjelaskan, pelatihan barista ini mencakup pengenalan kopi, sensory, kalibrasi, serving coffe, table manner, dan evaluasi. Mereka mencoba langsung berbagai peralatan, seperti grinder, french press, server dan lainnya.

Dalam pelaksanaannya, pelatihan barista kopi telah menunjukkan hasil yang positif. Seluruh peserta dinyatakan berhasil menyerap materi dengan baik. Sebanyak 20 warga binaan yang mengikuti pelatihan mendapatkan sertifikat barista.

Pihaknya berharap, dengan diberikannya sertifikat seperti ini dapat berguna setelah selesai menjalani masa hukuman. Selain itu, kegiatan ini juga mendorong, mempengaruhi, dan menginspirasi warga binaan agar kelak menjadi barista yang handal sebagai bekal keahlian yang dapat dimanfaatkan ketika bebas.”Bisa untuk dasar mencari pekerjaan, terutama keterampilan barista kopi, atau mengembangkan usaha sendiri,” katanya.

Baca juga:  Jalani Masa Tahanan dengan Meningkatkan Literasi

Kepala Seksi Kegiatan Kerja Lapas Wanita Bulu Rini Sulistyowati berharap warga binaan dapat mengembangkan keterampilan yang didapat selama di dalam lapas, serta menjauhi hal-hal yang bersifat negatif.

“Pelatihan ini dimaksudkan untuk melihat potensi warga binaan di Lapas Perempuan Semarang, dengan harapan nantinya mereka memiliki kemampuan yang cukup untuk dikembangkan,” jelas Rini.

Zeni, salah satu warga binaan mengungkapkan rasa syukur karena diberikan keterampilan baru. “Semoga nanti dapat dikembangkan ketika saya bebas. Di sini saya belajar banyak hal, seperti bagaimana cara menanam kopi, serta cara memilih kopi dengan kualitas yang baik,” ujarnya. (ifa/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya