alexametrics

Siapkan Pembibitan, Hijaukan Jalan Pedesaan

Lebih Dekat dengan Relawan Pemuda Demak (Repdem)

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Kemenangan paslon Eistianah-KH Ali Makhsun (Eisti-Alim) pada Pilkada serentak 9 Desember lalu tidak bisa lepas dari peran kalangan muda yang tergabung dalam Relawan Pemuda Demak (Repdem). Barisan pemuda ini setidaknya ikut mendulang suara untuk paslon Eisti-Alim.

Repdem muncul beberapa bulan lalu setelah paslon Eisti-Alim resmi mendaftarkan diri sebagai paslon di KPU Demak. Banyak anak muda yang turut bergabung, yang kemudian menggelorakan kekuatan mereka, utamanya untuk manggaet suara pemula dari kalangan milineal di Kota Wali.

Repdem digawangi oleh Titus bin Moh Sukarlan. Gerakan mereka tampil beda untuk mengenalkan dan menyosialisasikan paslon yang mereka dukung dalam pilkada.

Kegiatan yang dijalankan tidak semata mengampanyekan paslon Eisti-Alim. Namun, berupaya menggugah kesadaran masyarakat untuk lebih peduli pada kondisi lingkungan sekitar. Anggota Repdem melakukan berbagai aksi yang menarik perhatian publik. Bentuk kampanye yang edukatif bagi masyarakat. Misalnya, aksi menanam pohon, bersih-bersih sungai dari eceng gondok, serta aksi mengecat jembatan dengan cat warna-warni.

Baca juga:  Target Tiap Desa di Wonosobo Miliki Relawan Bencana

Yang terbaru, para relawan Repdem menggelar bakti sosial bagi warga terdampak rob dan banjir di Dukuh Mondoliko, Desa Bedono, Kecamatan Sayung. Kegiatan terakhir ini dilakukan pasca pilkada.

Titus mengatakan, berbagai kegiatan positif yang dijalankan tidak hanya berhenti saat masa masa kampanye paslon saja. Namun pasca pilkada pun mereka tetap melakukan kegiatan serupa.

“Ini menunjukkan bahwa Repdem yang kita bangun betul-betul untuk memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Demak,”ujar Titus.

Menurutnya, apapun kegiatan yang baik dilakukan demi kemajuan Demak sebagai daerah yang terus tumbuh berkembang. “Jadi, tidak semata hanya saat pilkada saja,”katanya.

Namun, apa yang dilakukan Repdem akan dilakukan secara berkelanjutan dengan beragam program yang kini terus berusaha diwujudkan. “Karena itu, apa yang dilaksanakan Repdem bukan sekadar pencitraan. Tetapi ada aksi nyata untuk perbaikan lingkungan kita,”imbuh Titus yang aktif mengelola grup warga di media sosial ini.

Baca juga:  Nadin Khairun Nisa, Ingin Berdayakan Difabel

Titus menambahkan, Repdem sekarang sedang mencita-citakan kegiatan peduli lingkungan dengan cara mengawali dari paling dasar. Yaitu, pembibitan pohon yang akan ditanam. Beragam pohon akan diperbanyak melalui proses pembibitan. Dengan demikian, prosesnya akan lebih murah, mudah, dan berkelanjutan.

“Dalam jangka panjang, Repdem telah menyiapkan diri akan menghijaukan jalan-jalan di pedesaan. Turus turus jalan akan kita tanami pohon yang cocok, sehingga betul-betul hijau. Sehingga fungsi alam dapat kita kembalikan,”kata Titus yang juga organisatoris sekaligus penyuka kuliner lokal ini.

“Kita akan lakukan pembibitan sendiri. Dengan penghijauan secara masif ini nanti jalan pedesaan tidak gersang lagi,”imbuh dia.

Bibit pohon itu akan ditanam sesuai urutan yang pas, sehingga tampak rapi dan terawat dengan baik. “Kita ini relawan tidak mengharap apa-apa. Kita murni swadaya. Iuran sendiri. Rata-rata anggota kami anak-anak muda yang tersebar di setiap kecamatan. Kita sudah bentuk kepengurusannya,”katanya.

Baca juga:  Zelfani Ramadhan, Berkat Doa, Kini Jadi Relawan di Jerman

Sebagai relawan pemuda, Repdem akan turut mengawal pemerintahan Eisti-Alim agar kebijakannya sesuai harapan masyarakat. (hib/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya