alexametrics

Kesenian Tak Boleh Berhenti

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Pentas-pentas seni yang mengundang keramaian dilarang selama pandemi Covid-19. Seniman tak ada tanggapan atau undangan pentas. Tapi seni tak boleh berhenti.

Ada yang berbeda dengan pentas jaran kepang di Gedung Nayaka Bakti Praja, Kelurahan Bergas Lor, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang 20 Juli 2020. Biasanya seniman dari Komunitas Jaran Kepang Manunggal Budhoyo Nuswantoro (MBN) ini menari di bawah tatapan ratusan pasang mata. Kali ini, mereka beraksi di depan kamera. Penonton langsung terbatas. Namun bisa ditonton siapa saja secara virtual.

“Jangan takut berkreasi, tapi tetap terapkan protokol kesehatan,”ungkap penasehat Komunitas Jaran Kepang MBN Kabupaten Semarang Ris Winarto.

Lurah Bergas Lor Agustin Sabardiati mengatakan pihaknya menggelar pentas secara virtual untuk mengurangi kerumunan penonton. Rencananya pentas serupa akan digelar tiga kali dalam sebulan. Seniman yang tampil juga akan berbeda-beda.

Baca juga:  Sering Jebol, Tanggul Randujajar Diperkuat 700 meter

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga memfasilitasi para seniman untuk tampi secara daring lewat program Panggung Kahanan. Sejumlah seniman diundang untuk tampil di rumah dinas gubernur Puri Gedeh. Aksi mereka disiarkan live streaming melalui akun media sosial Ganjar Pranowo.

Koordinator Panggung Kahanan Anton Sudibyo menjelaskan, pentas perdana Panggung Kahanan pada 4 Mei 2020. Acara diselenggarakan dengan banyak keterbatasan. Dengan pinjaman peralatan dari para donatur dan panggung yang kecil. “Budget awal kita untuk menggelar acara memang dari donasi-donasi,” katanya. Para seniman pengisi acara mendapatkan uang pengganti transport. Penampil perorangan juga memperoleh bantuan Rp 500 ribu dan grup dapat Rp 750 ribu. Mereka juga mendapatkan bantuan sembako.

Baca juga:  Di Pantai Baruna, Banyak Sampah Celana, Kaos, hingga Sepatu dan Sandal

Meski dilakukan dengan persiapan yang seadanya, kata Anton, animo penonton diakun media sosial Ganjar Pranowo sangat banyak. Penampilan perdana jumlah penonton mencapai 1,8 juta akun. Itu baru dari jumlah penonton melalui akun facebook saja. Sementara jumlah penonton youtube mencapai 15 ribu akun di penampilan perdana. “Itu luar biasa karena anggaran terbatas dan dana sangat minim,” katanya.  (ewb/ton/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya