Manfaatkan Kaca Bekas Akuarium, Diklaim Ramah Lingkungan

Jasmine Aulia, Mahasiswi Undip Ciptakan Alat Pendingin Ikan Fishco Box

247
INOVATIF: Jasmine Aulia saat mendapatkan penghargaan di Thailand Investor Day.(DOKUMEN PRIBADI)
INOVATIF: Jasmine Aulia saat mendapatkan penghargaan di Thailand Investor Day.(DOKUMEN PRIBADI)

RADARSEMARANG.ID, Jasmine Aulia sangat inovatif. Mahasiswi Program Studi Elektro Vokasi Universitas Diponegoro (Undip) ini berhasil menciptakan Fishco-Box. Alat pendingin ikan pascapanen ini sangat dibutuhkan para nelayan. Ciptaannya tersebut memperoleh penghargaan dari Thailand Investor Day.

NORMA SARI YULIANINGRUM, Radar Semarang

Enggan berada di zona nyaman, membuat Jasmine Aulia memutar otak untuk bisa menciptakan inovasi yang berguna bagi masyarakat. Berbekal ilmu elektro yang dimiliki, ia kemudian menciptakan Fishco-Box.

Jasmine berkisah, awal mula ia menciptakan alat tersebut lantaran melihat kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara perairan. Banyak warga yang menggantungkan hidupnya dari pekerjaan sebagai nelayan. Namun tak sedikit dari mereka yang belum memiliki kualitas hidup sejahtera. Salah satu faktornya yaitu tidak tersedianya alat-alat yang mendukung pekerjaan mereka. Salah satunya alat pendingin ikan.

Karena itu, Jasmine menciptakan sebuah alat pendingin ikan pascapanen bernama Fishco-Box. Dikatakan oleh Jasmine, tujuan pembuatan alat tersebut yakni untuk membantu para nelayan menangani masalah dalam pascapanen ikan sebelum dijual ke tengkulak atau ke pasar tradisional. “Jadi, supaya ikan yang dijual masih tetap fresh dan baik untuk dikonsumsi,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Minggu (5/7).

Selain itu, Fishco-Box juga tergolong ramah lingkungan, murah, dan juga mudah untuk dibuat. Sebab, dalam pembuatannya ia menggunakan barang-barang bekas yang tak merusak lingkungan. Seperti kaca bekas akuarium. Sehingga cocok bagi para nelayan yang menghadapi masalah pengawetan hasil tangkapan.

Karena temuannya tersebut, Jasmine berhasil mendapatkan penghargaan Thailand Investor Day. Thailand Investor Day sendiri merupakan kompetisi bidang sains, khususnya untuk memamerkan inovasi terbaru yang ada di dunia. Dalam kompetisi tersebut, Jasmine berhasil bersanding dengan inovator-inovator negara lain, seperti Amerika Serikat, Arab Saudi, Tiongkok, India, Jepang, Jerman, Korea, Malaysia, Polandia, Singapura, Taiwan, Turki, serta tuan rumah Thailand.

Tak berhenti sampai di Fishco-Box, ke depannya Jasmine bercita-cita ingin kembali berinovasi dan membuka usaha dalam bidang start up. Karena menurutnya, wirasusaha di bidang start up menjadi peluang baru bagi generasi milenial.

“Saya ingin mengubah mindset bahwa untuk menjadi sukses tidak harus menjadi pegawai saja. Karena dengan berinovasi dan berwirausaha pun kita juga dapat menjadi orang yang berguna,” katanya. (*/aro)





Tinggalkan Balasan