Raih Pin Emas Kapolri, Dapat Hadiah Umrah Kapolres

Aipda Donny Sugiyarto, Anggota Polres Magelang Jadi Polisi Teladan 2020

260
POLISI TELADAN: Aipda Donny Sugiyarto bersama Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Wakapolda Jateng Brigjen Pol Abiyoso Seno Aji. (DOKUMENTASI Polres Magelang)
POLISI TELADAN: Aipda Donny Sugiyarto bersama Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Wakapolda Jateng Brigjen Pol Abiyoso Seno Aji. (DOKUMENTASI Polres Magelang)

RADARSEMARAN.ID, Jajaran Polres Magelang patut berbangga hati. Salah satu personel Bhabinkamtibmas Desa Donorojo Polsek Mertoyudan, yakni Aipda Donny Sugiyarto SH dinobatkan sebagai juara I Polisi Teladan. Ia meraih pin emas dari kapolri dan hadiah umrah dari Kapolres Magelang.
AGUS HADIANTO, Mungkid, Radar Semarang

Aipda Donny tak menduga bakal mendapat penghargaan dari Kapolri Jenderal Polisi Drs Idham Azis MSi. Penghargaan tersebut tertuang dalam surat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor: Kep/1283/VI/2020 tanggal 19 Juni 2020 tentang pemberian penghargaan kepada anggota kepolisian negara Republik Indonesia dalam pemilihan polisi teladan sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik 2020. Penghargaan Pin Emas kapolri diberikan secara simbolis oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfi, beberapa waktu lalu.

Tak hanya pin emas. Atas prestasinya tersebut, Kapolres Magelang AKBP Ronald Ardiyanto Purba juga memberikan hadiah umrah kepada Aipda Donny saat rangkaian Hari Bhayangkara ke-74 pada 1 Juli lalu. “Beliau, kemarin juara I polisi teladan tingkat Jawa Tengah. Ya, kami beri hadiah pribadi untuk berangkat umrah,” kata Kapolres Magelang.

Ronald mengakui, yang bersangkutan banyak ide-ide kreatif dan telah memberikan sumbangsih di tempat bertugas. Selain itu, Ronald menyebut bahwa banyak terobosan-terobosan yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah. Kapolres berharap, seluruh jajaran personel di Polres Magelang untuk terus berlomba-lomba berbuat baik.

“Yang bersangkutan itu banyak ide-ide kreatif memberikan sumbangsih di tempat beliau bertugas. Banyak terobosan-terobosan untuk menyelesaikan masalah, kemudian memberikan masukan-masukan kepada warga, sehingga dia dekat dengan masyarakat,” ujarnya.

Saat ditemui Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (2/7), Aipda Donny Sugiyarto mengaku bersyukur atas pencapaian yang didapatnya. Bagi Donny, hadiah umrah dari Kapolres Magelang merupakan rezeki yang luar biasa melebihi apapun.

“Itu yang bikin saya trenyuh. Beliau Bapak Kapolres beda agama, tapi sama saya begitu perhatian, karena beliau senang kalau ada anggota berprestasi,” tuturnya.
Donny mengaku, selain bertugas memantau di lapangan dan berinteraksi dengan masyarakat, dirinya juga memodifikasi sepeda motor dinasnya. Bagian belakang motor, kata Donny, diberi gerobak berisikan buku-buku dan mainan anak-anak.

“Saya keliling di desa-desa, mendatangi anak-anak yang tengah asyik bermain handphone (HP). Kan anak-anak sudah nggak pada sekolah selama pandemi Covid-19, nah bagi saya daripada mainan HP, saya samperin mereka, terus saya bawain buku cerita dan mainan anak-anak,” tuturnya.

Berdasarkan data dari Bagian Sumda Polres Magelang, Aipda Donny pada 2017 pernah memperoleh penghargaan dari Kapolres Magelang sebagai Polisi Berprestasi. Lalu, pada 2018 meraih penghargaan dari Kapolres Magelang sebagai polisi penggiat kemanusiaan. Pada 2019, Aipda Donny kembali meraih penghargaan dari Kapolres Magelang sebagai Juara 1 Polisi Berprestasi. Dan pada 2020 ini, Aipda Donny mendapatkan penghargaan dari Kapolres Magelang sebagai Polisi Terfavorit.

Donny juga pernah terpilih sebagai 10 besar Bhabinkamtibmas berprestasi tingkat nasional dan mendapatkan kesempatan belajar dengan JICA Jepang di Mabes Polri pada 2019. Pada 2020, ia meraih juara pertama Bhabinkamtibmas tingkat Polda Jateng

Sebelumnya, pada 2019, ia mendapat penghargaan sebagai sosok polisi inspiratif di acara Ketua DPRD Award. Juga penghargaan kehormatan dari Bupati Magelang pada peringatan Hari Sumpa Pemuda sebagai sosok polisi yang bisa menjadi penyemangat para pemuda dan polisi peduli dalam kemanusiaan. Aipda Donny terjun sebagai relawan sejak 2019. (*/aro)





Tinggalkan Balasan