Belajar dari Film Bruce Lee, Latihan Pakai Helm

Badriyah, Warga Boja, Kendal yang Mahir Memainkan Nunchaku

225
BERISIKO: Badriyah saat memainkan sejumlah teknik nunchaku di depan umum. (DOKUMEN PRIBADI)
BERISIKO: Badriyah saat memainkan sejumlah teknik nunchaku di depan umum. (DOKUMEN PRIBADI)

RADARSEMARANG.ID, Badriyah, perempuan asal Boja, Kendal ini bersahabat dengan nunchaku sejak 2016. Setelah bergabung di Indonesia Nunchaku Club (INC) Semarang, ia mulai mempelajari teknik demi teknik memainkan alat bela diri yang dipopulerkan oleh Bruce Lee ini.

SIGIT ANDRIANTO, Radar Semarang


TANGANNYA cukup terampil memainkan dua kayu yang yang dihubungkan dengan rantai atau biasa disebut double stick. Hingga saat ini, sejumlah teknik sudah dikuasai.

”Sudah cukup banyak yang dimainkan. Tapi ya tidak mahir-mahir amat. Di luar sana masih banyak yang lebih jago,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

“Tidak mudah,” kata dia. Terutama ketika mencoba teknik-teknik yang membutuhkan tenaga dan konsentrasi ekstra. Risiko kepentok pun akan lebih sering menghampiri. ”Yang sulit itu biasanya yang dilempar-lempar, namanya Aerial. Sama gerakannya nyaris deket kepala. Biar aman biasanya saat latihan aku pakai helm,” ujarnya sambil terkekeh.

”Seringnya kena siku. Rasanya kayak kesetrum. Stop dulu kalau habis kepentok. Besoknya lanjut lagi,” tambahnya.

Hampir setiap hari, perempuan yang bekerja di pabrik garmen ini memainkan nunchaku. Terlebih selama menjalani pekerjaan dari rumah. Menurutnya, sangat efektif untuk mengusir penat.

”Setiap pagi biasanya. Saya senang aja. Karena ini bagi saya adalah olahraga yang bisa menyeimbangkan otak kanan dan kiri ketika memainkannya,” ujarnya.

Memang, tidak sedikit yang mempertanyakan hobinya ini. Hanya saja, ia abaikan. Badriyah hanya ingin mempelajari beberapa hal yang tidak semua perempuan bisa lakukan.
”Selain nunchaku, saya juga ikut komunitas bumerang, komunitas ketapel, dan komunitas lempar pisau dan kapak,” ujarnya memberitahu.

Mengenai nunchaku, ia mengaku sangat mengidolakan tokoh yang memopulerkan alat bela diri ini, Bruce Lee. Ia pun sering menonton film Bruce Lee saat beraksi dengan nunchaku. ”Sangat mengidolakan. Biasanya terus pengin mempelajari tekniknya,” tandasnya.

Badriyah mengatakan, tidak butuh waktu lama bagi siapapun yang ingin memainkan nunchaku. Dengan sering latihan, orang yang berangkat dari nol pun akan bisa memainkannya dalam waktu satu minggu. ”Itu kalau latihannya rutin,” kata dia. (*/aro)





Tinggalkan Balasan