Semula Tak Respon, Sekarang Para Lansia Sangat Produktif

Lebih Dekat dengan Sanggar Kreatif Lansia Tugurejo

RADARSEMARANG.ID, Usia lansia masih bisa digunakan untuk hal produktif. Itulah yang dilakukan beberapa perempuan lansia di Kelurahan Tugurejo, Tugu, Kota Semarang. Mereka tetap produktif dan hidup sehat dengan membuat Sanggar Kreatif Lansia Tugurejo.

MIFTAHUL A’LA, Radar Semarang

BAGI perempuan di Kelurahan Tugurejo, usia lansia bukanlah halangan untuk mengurangi aktivitas keseharian. Terbukti, meski usia tidak muda, mereka tetap memiliki semangat yang sama. Terutama dalam menjaga kelestarian lingkungan serta menjaga kesehatan.
“Usia boleh lansia, tapi semangat tetap harus muda. Kami membuktikan dengan tetap eksis membuat Sanggar Kreatif Lansia Tugurejo. Sudah jalan empat tahun terakhir ini,” kata pencetus dan penggagas Sanggar Kreatif Lansia Tugurejo, Tatik Sri.

Pensiunan PNS ini mengaku, usia tua tetap harus produktif. Dengan menggandeng warga, kemudian sepakat membuat kegiatan positif. Apalagi memang di kawasan tersebut banyak perempuan yang sudah lanjut usia. “Sebenarnya kalau kegiatan rutin, fokus untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar,” ujarnya.

Alasan yang masuk akal. Dalam beberapa tahun terakhir, persoalan kerusakan lingkungan semakin parah. Iapun bersama warga mengampanyekan untuk perangi sampah. Dimulai dari rumah ke rumah, akhirnya terbentuklah bank sampah sebagai wadah bersama. “Sampah itu urusan bersama dan harus diatasi bersama. Terutama dari rumah. Makanya, kami gencar mengajak warga memerangi sampah,” tambahnya.

Awalnya gerakan ini tak begitu direspon. Tetapi berkat kerja keras, akhirnya warga mulai sadar dan ikut gerakan memerangi sampah plastik. Tidak hanya itu, perempuan-perempuan lansia inipun menyulap sampah plastik menjadi berbagai kerajinan tangan. Tentunya memiliki nilai jual. Seperti tas, wadah tisu, serta berbagai kerajinan lainnya dari sampah. “Semuanya merasakan hasil, karena dari penjualan sebagian digunakan untuk kas, sebagian untuk yang terlibat,” tambahnya.

Tidak hanya mengemas serta mengolah sampah. Sanggar Kreatif Lansia Tugurejo juga rutin menggelar kegiatan positif untuk warganya. Senam sehat, kampanye hidup sehat menjadi kegiatan rutin setiap waktu. Harapannya, masyarakat bisa hidup sehat dan tetap bugar di usia lanjut. “Pola hidup sehat sekarang menjadi tren dan harus terus dikampanyekan,” tambah Sudarmiyanti.

Sanggar Kreatif Lansia Tugurejo mayoritas memang digerakkan puluhan ibu lansia. Meski begitu, berbagai kegiatan tetap rutin berjalan. Semua mengabdi tanpa pamrih dan semata-mata untuk kepentingan bersama. Apalagi, banyak lansia yang membutuhkan kegiatan positif agar bisa terus bergerak. Selalu sehat dan tetap produktif di usia senja.

“Semua warga antusias, itu yang membuat kegiatan Sanggar Kreatif Lansia Tugurejo tetap jalan. Lansia tetap bisa produktif dan selalu hidup sehat,” tambahnya. (*/ida)

Tinggalkan Balasan