alexametrics

Desain Beskap Bergambar Jokowi, Pasarkan Batik hingga Eropa

Lebih Dekat dengan Desainer Semarang, Cornelia Ayu Meiriyani

Artikel Lain

Awalnya hanya melayani pembelian kain batik, kini desainer asal Kota Semarang, Cornelia Ayu Meiriyani, memiliki gerai sendiri. Ia pernah mendesain baju beskap Jawa dengan gambar Presiden Joko Widodo yang dibawa ke Amsterdam. Produk  batiknya juga dipasarkan hingga Eropa.

MARIA NOVENA SINDUWARA, RADARSEMARANG.ID

FASHION bukan bidang awal yang ditekuninya. Perempuan asal Semarang dengan nama lengkap Cornelia Ayu Meiriyani ini tidak memiliki sama sekali keturunan darah seni. Kenal dengan busana di tempatnya bekerja. Kebetulan dia pernah menjadi sekretaris desainer tersohor, Anne Aventie. Karena setiap hari melihat produksi jahit, ia menjadi tertarik.

“Semula hanya sebagai sekretaris desainer terkenal di Indonesia Ibu Anne Avantie. Itu tahun 2008. Beliau yang baik di sela bekerja juga mengajak untuk mengenal dunia fashion. Dari situlah, saya tertarik untuk mencoba menggambar desain baju di selembar kertas,”ceritanya kepada Jawa Pos Radar Semarang sembari meminum secangkir kopi hitam.

Baca juga:  Selesaikan 12 Juz, Butuh Waktu Sepuluh Tahun

Tidak hanya belajar di Anne Avantie saja, Miss Ayu –panggilannya– juga pernah bekerja di Rumah Makan Mbah Jingkrak. Bahkan lebih lama ketimbang dirinya bekerja sebagai sekretaris Anne Avantie. “Menjadi PR sekaligus menerima pelanggan yang ingin membuat baju, karena di Mbah Jingkrak juga menjual kain batik,”katanya.

Ia pun belajar mempertajam desain gambarnya hingga mulai membuat pola. Bagi dirinya yang tidak memiliki latar belakang membuat baju, sempat mengalami kesulitan. Belum lagi modal untuk membuat satu baju pesta dengan bahan baku batik tidak murah. Iya, setidaknya Rp 1 juta. Waktu yang panjang dihabiskannya dengan sia-sia.

“Bu Ajeng, teman saya di Mbah Jingkrak, dengan sabar bantu saya. Lebih tepatnya kursus jahit, saya memang tidak andal menjahit. Tetapi saya harus bisa mendesain. Modal nekat kala itu, mirip undian ya syukur dapat hadiah, tidak ya belum beruntung,”candanya.

Baca juga:  Dari Jualan Gerobakan, Kini Punya 35 Outlet

Ibu empat anak ini tidak ingin modal dan waktu yang dikeluarkan mirip dengan sampah yang dibuang begitu saja. Tak habis ide, kamar rumahnya yang berukuran 4×4 meter disulapnya menjadi ruang produksi. Tidur bersama kain batik setiap hari. “Itu baju penuh di kamar, yang di ruang tamu ini juga dijual kok,”katanya.

Pada 2015 merupakan tahun keberuntungannya. Akhirnya, bisa mengelola butiknya sendiri. Berlokasi di Jalan Unnamed Road, Pedurungan Tengah, Pedurungan, Kota Semarang. Awalnya, sebulan hanya dua desain baju, kini ia mampu menyelesaikan 10 hingga 15 desain baju sesuai pesanan. Namanya mulai melambung ketika mendapat kepercayaan merancang 10 desain baju batik untuk para finalis Putri Indonesia Jawa Tengah. Lanjut fashion show Semarang Creative Expo 2018, hingga mewakili Indonesia fashion show di Taman Mini Indonesia Indah dengan 74 Ambasador negara tetangga mengangkat tenun troso Jepara.

Baca juga:  Inovasi Batik untuk Penuhi Sekmen Milenial

“Puji Tuhan selama hampir 10 tahun berjuang kecil-kecilan di rumah saat ini sudah dipercaya untuk mempromosikan batik hingga Eropa. Ada satu hal yang membuat saya semakin mencintai pekerjaan saya. Kepercayaan untuk mendesain baju beskap Jawa dengan gambar Presiden Indonesia Joko Widodo yang dibawa ke Amsterdam untuk acara kemenangan Pak Jokowi Gilang Indonesia Gemilang,”ujarnya sambil menunjukkan foto acara yang diceritakan.

Pesona batik Indonesia dirasanya memiliki kekuatan daya tarik, terutama di mata warga asing. Mulai harga Rp 750 ribu hingga puluhan juta rupiah untuk satu baju. Pemasaran desain baju batik pun tidak hanya dilakukan di dalam negeri, benua Eropa menjadi tempat penjajakan produknya. Tidak cepat terjual, namun konsisten dalam pemesanan. “Tidak harus laku langsung 1.000 baju, tetapi konsisten penjualannya. Saya juga masih tahap pengenalan ke Eropa. Karena hobi traveling sambil jualan,”ucapnya. (*/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya