Jaga Tradisi dengan Nilai-Nilai Pancasila

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Warga RW 03 Kelurahan Siwalan, Kecamatan Gayamsari siap mengikuti Lomba Kampung Hebat untuk kategori Kampung Pancasila. Nilai-nilai Pancasila diterapkan dalam aktivitas sehari-hari warga di kampung ini.

Lurah Siwalan Niken Nugrahaeni menjelaskan, RW 03 telah dideklarasikan sebagai Kampung Pancasila pada 12 April 2022. Sambutan warga sangat antusias. Mereka memakai pakaian adat dari berbagai daerah sebagai simbol keragaman.

Tradisi budaya juga masih dijaga masyarakat. Seperti tradisi apitan yang masih berlangsung rutin tiap tahun. Pada bulan Apit di kalender Jawa, warga menggelar sedekah bumi dan doa bersama di petilasan makam Mbah Sunare. “Kalau apitan itu wajib berdoa di situ,” ujarnya.

Baca juga:  Tetap Semangat Mewujudkan Kampung Hebat

Ketua Penggerak Kampung Pancasila Sugiyatno menambahkan ada tradisi nyadran pada Jumat Kliwon bulan Sura. “Kita adakan sedekah bumi, kita memohon Yang Maha Kuasa dan semoga saya selamat dalam bekerja dan terhindar dari bala,” ujarnya.

Kampung Pancasila ini dibentuk untuk memotivasi masyarakat agar bisa hidup lebih baik. Toleransi diterapkan dalam semua aspek kehidupan warga. Setiap bulan ada pertemuan RT atau RW yang merupakan wujud dari pengamalan sila keempat Pancasila. Gotong royong, toleransi dan keguyuban selalu terjaga. “Apalagi ibu-ibu banyak kegiatannya. Maka, terjadilah keguyuban ketika semua ikut dalam kegiatan,” katanya. (fgr/ton)



Baca artikel dan berita terbaru di Google News

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya