Wajib Tanam Sereh dan Lavender

189
TAMAN TOGA : Salah satu taman toga di RW 4 Kelurahan Kembangsari Kecamatan Semarang Tengah yang menyediakan berbagai tanaman obat untuk warga. (PRATONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TAMAN TOGA : Salah satu taman toga di RW 4 Kelurahan Kembangsari Kecamatan Semarang Tengah yang menyediakan berbagai tanaman obat untuk warga. (PRATONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID,   SEMARANG TENGAH—Kelurahan Kembangsari Kecamatan Semarang Tengah dalam Lomba Kampung Hebat 2019-2020 mendaftar di dua kategori. Wilayah RW 3 di kategori Kampung Kreatif dan Inovatif, dan RW 4 di Kampung Bersih, Hijau dan Sehat. Warga sangat antusias dalam bergerak bersama membangun kampung masing-masing.

Lurah Kembangsari Eniarti menjelaskan, di RW 4 terdapat Kelompok Wanita Tani (KWT) yang bergerak di bidang anggrek. Bahkan rencananya, wilayah ini juga akan dijadikan kampung anggrek. “Banyak warga yang sudah memiliki anggrek, bahkan anggrek-anggrek tersebut juga disewakan dan menambah penghasilan warga,” jelas perempuan yang akrab disapa Enny ini.

Ketua LPMK Kelurahan Kembangsari Suhono Condro menjelaskan, warga di RW 4 memang kompak dalam menjaga lingkungannya agar selalu bersih. Selain itu, setiap rumah sudah diminta untuk memelihara tanaman. “Tanaman yang wajib ditanam warga adalah sereh dan lavender. Tanaman ini juga berguna untuk antinyamuk,” jelasnya.

Ketua KWT Sekar Sari Sri Istiana menjelaskan, sejak tahun 1997 ia mulai menanam anggrek. Selanjutnya, hobi tersebut menular ke warga. Apalagi ketika melihat usaha anggrek ternyata bisa menghasilkan. Hingga akhirnya mereka membentuk Kelompok Wanita Tani (KWT) Sekar Sari sebagai wadah bagi pembudidaya anggrek di tempat tersebut. “Ada sekitar 15 anggota yang aktif,” jelasnya.

Anggrek hasil budidaya warga, kini menjadi langganan disewa sejumlah instansi. Anggrek-anggrek tersebut ditempatkan di kantor-kantor penyewa.

Ketua RT 8 RW 4 Agus Sulistiyono menambahkan, warga juga memanfaatkan alang-alang yang sering memenuhi lahan kosong. Di tangan kreatif warga, alang-alang yang selama ini dianggap pengganggu bisa menjadi minuman sari alang-alang dan puding.

Kegiatan posyandu rutin digelar di RW 4. Untuk balita, posyandu digelar pada tanggal 17 sore setiap bulannya. Sementara untuk lansia, pelayanan kesehatan ini digelar setiap Rabu minggu terakhir.

Pemberantasan Jentik Nyamuk (PJN) juga digelar secara rutin. Bahkan setiap hari Jumat, seluruh RT di Kembangsari menggelar PJN serentak. (ton)

Tinggalkan Balasan