Tong Sampah Hasil dari Bank Sampah

240

RADARSEMARANG.ID, GENUK—Warga RW 7 Kelurahan Karangroto Kecamatan Genuk bersemangat menyambut Lomba Kampung Hebat 2019-2020. Sejumlah kegiatan telah dikerjakan sebelum rombongan tim juri datang menilai.

Sekretaris Kelurahan Karangroto Suismawati menjelaskan, di RW 7 terdapat kegiatan pilah sampah. Setiap rumah akan menyetorkan sampah yang bisa dijual atau dimanfaatkan ke bank sampah. “Posyandu di RW 7 juga aktif, warganya kompak dalam menjaga kebersihan dan kesehatan,” ujarnya.

Ketua LPMK Karangroto Nasokha mengatakan, warga di wilayah ini memang kompak. “Untuk kerja bakti warga mudah digerakkan. Juga guyub ketika ada masalah untuk diselesaikan bareng,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua RT 7 RW 1 Salim menjelaskan, warga di wilayah ini memang diwajibkan menanam di rumah masing-masing. Tujuannya agar wilayah menjadi hijau dan mengurangi efek cuaca panas. “Taman-taman di wilayah ini dikelola warga sendiri,” jelasnya.

Warga setiap dua minggu sekali menggelar kerja bakti. Mulai dari membersihkan lingkungan, selokan hingga menanam.

Salah satu unggulan di kampung ini adalah keberadaan bank sampah. Hasil dari penjualan sampah warga ternyata sangat bermanfaat. Misalnya dibelikan tong sampah untuk ditaruh di muka masing-masing rumah warga. Selain itu, hasil bank sampah juga digunakan untuk membeli inventaris tratak yang bisa digunakan warga. (ton)

Tinggalkan Balasan