Manfaatkan Lahan Sempit untuk Penghijauan

289
SEMARANG T : Warga RW 4 Kelurahan Karangrejo banyak menanam untuk menghijaukan kampung mereka. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SEMARANG T : Warga RW 4 Kelurahan Karangrejo banyak menanam untuk menghijaukan kampung mereka. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID, GAJAHMUNGKUR – Apresiasi patut diberikan kepada warga RW 4 Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Gajahmungkur. Meski memiliki lahan terbatas, warga tetap konsisten melakukan penghijauan dengan memanfaatkan lahan sempit, dan menggunakan sistem pertanian perkotaan.

Ketua RW 4 Kelurahan Karangrejo Teguh Hirtanto mengatakan penghijauan tetap dilakukan oleh warga dengan memanfaatkan sisa lahan yang ada. Selain tanaman toga, juga ada tanaman hias, hingga sayur-sayuran. “Untuk sayur atau tanaman musiman, kami lakukan di Panti Asuhan Gatot Subroto, tanaman ditanam ibu-ibu PKK, saat panen dimanfaatkan oleh warga,” katanya.

Program penghijauan, lanjut dia, dilakukan di setiap RT dengan dibuat taman-taman meski di lahan terbatas. Taman toga juga bisa dimanfaatkan oleh warga.

Sementara untuk pengolahan sampah, meski letaknya di perkotaan, warga memiliki kesadaran tinggi dengan dibentuknya bank sampah. “Sampah yang bisa didaur ulang, kemudian dikumpulkan ke kelurahan untuk diolah,” ucapnya.

Sementara itu, Lurah Karangrejo Sudarsono menambahkan warga RW 4 miliki komitmen tinggi untuk menjaga kebersihan dan melakukan penghijuan, salah satunya adalah rutin dilakukan aksi gotong royong massal. “Belum lama ini juga dilakukan penanaman pohon sengon, toga juga ada. Namun musim kemarau kemarin banyak yang mati karena wilayah kami kadang  PDAM-nya mati saat kemarau,” tuturnya.

Di luar penghijauan, RW 4 memiliki ciri khas industri UMKM rumahan yakni produksi telur asin. Selain itu yang dibanggakan adalah adanya komunitas budaya, yang konsen menjaga kebudayaan Jawa berupa gamelan serta tembang-tembang Jawa. “Njenengan pirso sendiri, tadi juga disambut dengan klonengan. Ini sebagai komitmen kami nguri-uri budaya,” tambahnya. (den/ton)

Tinggalkan Balasan