Tua-Muda, Turing Sepeda Motor Rajut Kebersamaan

1069
GUYUB: Lurah Purwoyoso Patrick Bagus Yudhistira melepas keberangkatan turing Ganjarit.(IST)
GUYUB: Lurah Purwoyoso Patrick Bagus Yudhistira melepas keberangkatan turing Ganjarit.(IST)

RADARSEMARANG.ID, NGALIYAN – Komunitas Ganjarit (Gabungan Anak Jalan Srikaton) belum lama ini mengajak warga RW V Purwoyoso turing bersama. Komunitas tersebut mempersatukan pemuda dan orang tua dengan menjalin silaturahmi warga Jalan Srikaton.

Tak hanya warga dari Jalan Srikaton saja, warga yang sudah tidak tinggal di sana juga ikut berpartisipasi. Sedulur sak lawase, itu moto mereka. Melalui kegiatan tersebut, warga Srikaton dan X-Srikaton diharapkan dapat turut memajukan kampung.

“Yang ikut dari angkatan milenial sampai tahun 70-an. Kegiatan turing ini merupakan salah satu bentuk dari Kampung Pancasila,” kata Ketua Ganjarit Hengky Sudibyo Setiawan. Kampung ini merupakan salah satu peserta Lomba Kampung Hebat 2019-2020 kategori Kampung Pancasila.
Turing dengan sepeda motor tersebut juga dikawal kepolisian, dengan tujuan ke Banyu Mili, Salatiga. Walaupun berbeda generasi, peserta tidak canggung untuk berinteraksi. “Jumlah peserta 150 orang. Kami mengusung tema Rising to the Challenge dengan berbagai kegiatan diantaranya live music, outbound, family gathering, stand up comedy Larahan on stage,” ucapnya.

Sebelumnya, Ganjarit juga sering melakukan kegiatan sosial pada masyarakat di Kelurahan Purwoyoso. Salah satunya saling berbagi dengan anak yatim, juga gotong royong. Mereka juga melakukan gotong royong yang membuat Kampung Pancasila ini semakin meriah dan semakin solid warganya.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi besar oleh Lurah Purwoyoso, Patrick Bagus Yudhistira. Menurutnya, Ganjarit dan komunitas lainnya di RW V sangat mendukung berbagai kegiatan di Kampung Pancasila. Kegiatan-kegiatan itu dinilainya sangat bermanfaat bagi warga dan menjadi contoh bagi warga lain di Kelurahan Purwoyoso.

“Saya sangat mengapresiasi mereka karena komunitas mereka ini tetap berjalan, dan saat era saya ini semakin hidup. Mereka ikut dalam berbagai kegiatan sosial, dan tetap membawa nama komunitas dengan atributnya,” tuturnya.

Ketua Pokmas Rukun Santoso RW V Teguh Santoso juga menjelaskan, melalui kegiatan itu warganya bisa terus menjaga rasa saling memiliki. “Kami menyambut Lomba Kampung Hebat ini dengan keguyubrukunan, warga dan Ganjarit bersama Kampung Pancasila,” kata Teguh.

Sedangkan Ketua RW V Sihna Susena berharap, kerukunan, kebersamaan dan kebinekaan di RW V selalu terjaga. Selalu menciptakan suasana yang kondusif. “Saya sebagai Ketua RW V mengapresiasi sekali warga kami. Selama ini sudah membantu menyukseskan keikutsertaan RW V dalam rangka Lomba Kampung Hebat 2019-2020 kategori Kampung Pancasila,” ujarnya. (yan/ton)