alexametrics

Warga Giatkan Belajar di Kampung Pintar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, NGALIYAN – Berkat giatnya warga dan anak-anaknya dalam belajar, RW V Kelurahan Kalipancur KEcamatan Ngaliyan ditunjuk sebagai Kampung Pintar. Warga memiliki program tersendiri untuk menunjang tercipta Kampung Pintar. Tentunya hal tersebut dilakukan tidak hanya dalam rangka mengikuti Lomba Kampung Hebat 2019-2020.

Kegiatan tersebut telah terlaksana sejak lama. Kampung Pintar di RW V mengadakan jam belajar mulai pukul 18.00 – 21.00 WIB. Warga mematikan TV dan memastikan anaknya belajar. “Ada budaya gemar membaca dan belajar di jam waktunya dan jam istirahat juga dipastikan semua. Sudah menjadi kesepakatan antarwarga dari RT 1 sampai RT 13,” kata Lurah Kalipancur Indriastuti pada Jawa Pos Radar Semarang.

Baca juga:  Udinus Berikan 100 Bibit Tanaman Buah

Guna mendukung kegiatan tersebut, warga juga membuat Omah Sinau. Kegiatan pembelajaran di Omah Sinau, waktunya disesuaikan tingkatan kelas, mulai dari SD sampai SMP. Anak-anak bergantian belajar di sana. Menurutnya, pembelajaran tersebut biasanya mulai setelah jam sekolah selesai.

“Di sana (RW V) anak-anaknya pintar-pintar, di sekolah juga mendapatkan rangking. Makanya ibu dan bapaknya harus ketat dalam jam belajar dan saat jam bermain juga saat istirahat sudah ditentukan jam-jamnya,” ucapnya.

Imbuhnya, anak benar-benar disemangati oleh orangtuanya. Selain itu, RW V juga dianggap memiliki program yang komplit. Berdasarkan tinjauan lapangan dari Jawa Pos Radar Semarang, terdapat bank sampah, Omah Sinau, rumah baca, kegiatan bermain serta penghijauan.

Baca juga:  Belajar dari Tahun Lalu untuk Berinovasi

“Setiap Minggu di sana juga diadakan senam, bergantian dari RT ke RT. Semua warganya keluar untuk senam bersama. Setelah itu makan bersama untuk menjalin keakraban,” ujarnya.

Selain itu RW V juga sering mengadakan lomba cerdas cermat, menggambar, olahraga, kreativitas dan kesenian dari anak-anak. Kegiatan itu telah menjadi agenda tahunan tiap perayaan Kemerdekaan. “Kegiatan-kegiatan di RW V itu menjadi contoh di RW lain. Gagasannya muncul dari sana,” kata Indriastuti.

Ia berharap, kegiatan di RW V harus dilaksanakan terus menerus. Agar senantiasa mengajak anak-anak disiplin belajar, karena sudah didukung perpustakaan keliling dari Dinas Perpustakaan dan perpustakaan yang telah ada di sana. “Kami selalu mendukung kegiatan-kegiatan itu karena kegiatan positif yang diinisiasi oleh warga. Jadi warga punya program apa, kami dukung dengan cara menyinkronkannya dengan kelurahan,” jelasnya. (yan/ton)

Baca juga:  Kelurahan Cepoko Ajukan Wilayah Terisolasi di Lomba Kampung Hebat

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya