alexametrics

Manfaatkan Tanaman Hijau untuk Kebutuhan Sehari-hari

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG UTARA -Terletak di pinggiran Kota Semarang, Kelurahan Bandarharjo Kecamatan Semarang Utara tetap konsen pada penghijauan. Selain untuk mempercantik dan menjaga lingkungan, hal tersebut juga dilakukan untuk mengikuti Lomba Kampung Hebat kategori Hijau Bersih dan Sehat. Tepatnya di RW 8 yang memiliki taman hijau.

Menurut pantauan wartawan Jawa Pos Radar Semarang, begitu masuk gang sudah tertata rapi berbagai tanaman yang ada di halaman rumah warga. Terlebih di taman yang berdampingan dengan pos ronda, lingkungan tampak asri dan bersih. “Tanahnya subur, jadi gampang ditanami. Warga disini rutin membersihkan dan menyiram tanaman,” ujar Lurah Bandarharjo, Emi Setiana Estu Handayani.

Tanaman katuk menjadi ciri khas dari RW 8. Bibit yang diberikan Dinas Pertanian ini dirawat betul hingga sering memanen hasil. Biasanya hasil dari panen akan dijual dan menjadi kas. “Selain untuk penghijauan, itu juga untuk memberdayakan ekonomi masyarakat,” imbuhnya.

Baca juga:  Lomba Kampung Hebat, Lurah: Warga Tambah Semangat Rawat Kampung

Tak berbeda dengan RW 9 yang memiliki taman hijau. Masyarakat memanfaatkan taman untuk ditanami berbagai macam sayuran seperti terong dan cabai. Lebih rajin, setiap sorenya ada 4-5 ibu-ibu yang bergiliran untuk membersihkan taman.

“Saya menekankan minimal 5 tanaman di masing-masing rumah. Kalau di RT 6 banyaknya yang ditanam cabai. Tapi ada juga jahe merah, rosella, sirih merah, kunci, jeruk, dan salam,” ungkap Ketua RW 9, Agus Sutandyo.
Saking banyaknya, masyarakat juga memanfaatkan sendiri tanaman untuk kebutuhan sehari-hari. Seperti daun salam untuk penyedap masakan, daun singkong dan terong untuk dimasak, daun pisang untuk pembungkus makanan dan lain sebagainya. (ifa/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya