alexametrics

Hadirkan Taman Toga dan Taman Ramah Anak

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BANYUMANIK – Deretan tanaman obat keluarga (toga) berjejer rapi menghiasi taman di Kelurahan Ngesrep Kecamatan Banyumanik. Tanaman seperti kunci, kencur, kunyit, jahe, laos, sereh, brotowali dan lain-lain mengisi tempat di sudut taman.

Selain taman toga, taman juga disulap menjadi tempat pertemuan warga Kelurahan Ngesrep. Tempat berdiskusi, berkumpul, bersantai di sore hari yang dilengkapi fasilitas taman yang ramah anak.

“Taman milik semua warga Kelurahan Ngesrep kami beri nama “Taman Kita”. Di pojok kita bisa melihat tanaman toga tumbuh dengan subur. Kemudian, di tengah taman ada berbagai macam jenis mainan yang tentu bisa dimanfaatkan anak-anak,” tutur Ketua PKK RW 7 Kelurahan Ngesrep Heksi Diah Utari.

Baca juga:  Manfaatkan Lahan Sempit untuk Penghijauan

Mainan anak-anak seperti ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, kuda-kudaan sengaja warga berikan untuk anak-anak. Taman disulap menjadi ruang bermain yang bebas polusi dan lingkungan bebas asap rokok. “Meskipun dibuat belum cukup lama, tetapi pemeliharaan dan perawatan taman kita adakan setiap bulan. Dengan cara iuran melalui kas di PKK serta semua mainan yang ada adalah hibah secara sukarela dari beberapa warga,”imbuhnya.

Taman Kita di RW 7 berada di Kawasan Perkampungan Gombel Permai. Kawasan perkampungan warga yang masih asri dan sejuk. Tanaman rambat selalu menghiasi pagar halaman rumah warga. RW 7 tercatat sebagai peserta Lomba Kampung Hebat kategori Kampung Bersih, Hijau dan Sehat.
Selain toga, tanaman pisang juga tumbuh dengan subur. Pohon pisang ini mereka rawat sembari mengisi kegiatan mendampingi anak-anak.

Baca juga:  Bu Basah, Bu Nur dan Bu Rara Paling Diunggulkan di Podorejo, Siapa Sebenarnya Mereka?

“Pisang ini sudah beberapa kali panen. Hasil panen biasanya dinikmati bersama atau kalau tidak dijual ke pasar. Harapannya kegiatan ini sebagai simbol positif bagi ibu-ibu yang gemar berkebun dan mencintai lingkungan,” ungkap Ketua RW 7 Sri Adiati.

Selain Taman Toga dan Taman Ramah Anak, ada juga Taman Bougenville. Menurutnya, Taman Bougenville menjadi alternatif lain selain taman yang ada di Kelurahan Ngesrep. “Taman ini sekarang masih dalam taraf perapihan dan pembenahan. Agar makin banyak ruang terbuka hijau di kawasan perkampungan Gombel Permai serta kita siapkan untuk mencapai Kampung Hebat.” Tandasnya. (avi/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya