alexametrics

Udinus Berikan 100 Bibit Tanaman Buah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG TENGAH – Keikutsertaan Kelurahan Pendrikan Kidul Kecamatan Semarang Tengah dalam Lomba Kampung Hebat 2019-2020 mendapat dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang berada di lingkungan tersebut. Pihak kampus Udinus memberikan 100 bibit tanaman buah kepada warga RW 2.

Dekan Fakultas Teknik Udinus Dian Retno Sawitri mengatakan kegiatan ini dalam rangka membantu penghijauan di kelurahan Pendrikan Kidul yang mengikuti Lomba Kampung Hebat kategori Kampung Hijau Bersih dan Sehat. Ia bersama Komunitas Green Campus, melakukan ini sebagai bentuk peduli terhadap lingkungan.

“Ini kan sebagai warga Pendrikan, kebetulan di FT ada satu komunitas namanya Udinus Green Campus. Salah satunya dalam lomba Kampung Hebat kami punya kegiatan yang sebagian kami berikan ke sini,” ujarnya.

Baca juga:  Bu Basah, Bu Nur dan Bu Rara Paling Diunggulkan di Podorejo, Siapa Sebenarnya Mereka?

Ketua RW 2 Kelurahan Pendrikan Kidul Sri Harwiyanti akan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan merawat tanaman yang diberikan. “Upaya yang dilakukan yaitu menanamkan kepada masing-masing warga untuk selalu menjaga kebersihan, keamanan, dan keindahan. Itu saya terapkan setiap ada pertemuan, saya juga rutin mengontrol,” ungkapnya.

Selain itu, pembuatan kompos juga menarik perhatian. Selama ini warga RW 2 sudah rutin memilah sampah rumah tangga. “Tempat sampah dipilah yang sampah organik akan kami jadikan kompos. Kompos ini untuk tanaman, sampah yang lain seperti plastik kresek kami cacah untuk dijadikan bahan aspal,” ujarnya.

Adapun bahan untuk kompos yaitu sisa-sisa dapur dan daun-daun. Ia berharap masyarakat memiliki perilaku untuk memilah sampah yang benar, dan memanfaatkan sampah.

Baca juga:  Masyarakat Terus Bergerak Bersama

Lurah Pendrikan Kidul Tati Trianingsih mengingatkan kepada warganya untuk mengumpulkan kantong kresek yang akan disetorkan ke pihak Udinus. Ia bersama Sri Harwiyanti rutin mengimbau warga untuk membawa plastik kresek saat kumpulan PKK. Hal tersebut bisa dijadikan tabungan atau sebagai syarat meminjam uang PKK. “Asalkan mau mengumpulkan plastik kresek yang tidak terpakai ya bisa meminjam uang kas,” imbuhnya. (idf/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya