Jaga Kerukunan dan Keakraban, Ciptakan Lingkungan Sehat

129

RADARSEMARANG.ID, TEMBALANG – Menjaga kebersihan dan lingkungan sangat penting. Salah satu tujuannya adalah untuk hidup sehat.

Seperti halnya yang dilakukan warga RW 1 Kelurahan Kramas Kecamatan Tembalang yang menggelar jalan santai. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kerukunan dan keakraban demi terjaganya lingkungan yang bersih, hijau dan sehat.

Jalan santai tersebut diikuti ratusan orang dari warga RT 1, RT 2 dan RT 3 yang berada di lingkup RW 1 Kelurahan Kramas, Minggu (22/12) pagi. Start dimulai dari depan Kantor Kelurahan Kramas, kemudian masuk ke dalam kampung wilayah tersebut dan kembali ke tempat semula.

Dalam kegiatan yang dihadiri Lurah Kramas Bambang Sularso dan para perangkatnya, peserta kebanyakan berpasangan suami istri dan anak-anaknya. Setelah kembali ke Kantor Kelurahan Kramas, warga langsung disuguhi makanan dan iringan pertunjukan musik. Juga disediakan doorprize menarik berupa barang elektronik dan sembako.

Ketua RW 1 Rusyadi mengatakan, wilayah RW 1 Kelurahan Kramas diikutkan Lomba Kampung Hebat, kategori Bersih, Hijau dan Sehat. Sedangkan kegiatan yang dilaksanakan dalam kategori tersebut adalah salah satunya menyelenggarakan jalan santai. “Dengan forum seperti ini yang dicapai kan tidak hanya bersih dan sehatnya saja, ternyata yang dicapai itu kan kebersamaan. Semakin merukunkan dan mengakrabkan,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Minggu (22/12).

Warga RW 1 sangat antusias mengikuti acara jalan santai yang bertepatan dengan peringatan Hari Ibu. Menurutnya, penduduk RW 1 sangat banyak, mencapai kurang lebih 600 orang dari 200 Kepala Keluarga (KK). Selain jalan santai, kegiatan rutin yang dilakukan adalah senam sehat bersama warga. “Dari kegiatan ini, sehingga nanti kalau diadakan gerakan kebersihan cepat sekali. Jadi dibangun paguyuban untuk kerja bakti. Ini perlu digagas terus menerus,” bebernya.

Rusyadi menambahkan, selama ini warganya juga hidup rukun dan guyub. Bahkan rutin mengadakan pertemuan di tingkat RW. Termasuk Ibu-Ibu PKK, juga menggelar kegiatan rutin. “Yang namanya menjaga kebersihan lingkungan itu menjadi tanggung jawab bersama. D imasing masing Darwis itu ada kelompok jentik. Kemudian sampai ke namanya PJR, kalau ditemukan jentik itu kan didenda. Dukungannya kan ke arah bersih, hijau dan sehat,” jelasnya.

Sementara, Ketua kelompok PKK RW 1 Sri Indarsih memilih kategori Bersih, Hijau dan Sehat dengan alasan lokasi tersebut memiliki halaman yang sangat luas dan bersih. Terlihat, banyak penghijauan disertai lapangan olahraga dan tempat bermain anak.

“Di sini banyak tanaman penghijauan, tanaman tertata rapi, ada tempat bermain anak, ada lapangan untuk olahraga. Disini sangat tertata asri. Rencana ke depan ada pembibitan untuk di seluruh, di kelurahan Kramas. Pemanfaatan lahan pekarangan itu kami optimalkan,” katanya. (mha/ton)