alexametrics

Lomba Kampung Hebat, Lurah: Warga Tambah Semangat Rawat Kampung

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEDURUNGAN—Kelurahan Pedurungan Kidul Kecamatan Pedurungan mengikuti Lomba Kampung Hebat 2019-2020 untuk kategori Kampung Bersih, Hijau dan Sehat di wilayah RW 2. Kampung ini memiliki keunggulan pada pemanfaatan tanah pekarangan serta perawatan dan kebersihan lingkungan taman oleh warga.

Lurah Pedurungan Kidul Purnomo mengatakan, kampung tersebut menciptakan perilaku hidup bersih dan sehat melalui program pemberdayaan warga. Secara bergotong royong, warga meningkatkan lingkungan menjadi lebih baik dengan menghijaukan taman dan ruang terbuka hijau.

Di samping itu juga meningkatkan kepedulian warga masyarakat setempat tentang lingkungan Kampung Bersih Hijau dan Sehat dengan meningkatkan sarana dan prasarana umum. Warga memanfaatkan lahan yang ada untuk ditanami tanaman obat keluarga (toga), tanaman hias dan tanaman keras. “Dengan begitu maka dapat meningkatkan rasa guyub, rukun dan gotong royong sesama warga masyarakat dalam meningkatkan lingkungan kampung menjadi lebih bersih dan hijau dengan memanfaatkan taman ruang terbuka untuk sarana saling berinteraksi,” katanya.

Baca juga:  Kampung Hebat Bikin Warga Terus Bersemangat

Sejumlah rencana juga telah disiapkan. Seperti menambah jenis dan jumlah tanaman di taman ruang terbuka hijau. Dinding kampung juga akan dihiasi mural dengan tema tertentu. Selanjutnya menambah pot tanaman, tempat sampah, lampu penerangan taman, perbaikan dan pengecatan pagar tanam. Tak lupa kegiatan composting di lingkungan taman ruang terbuka hijau.

“Nantinya akan dilakukan berbagai cara misalnya dengan mengadakan pelatihan pemanfaatan tanah pekarangan di lingkungan, kemudian perawatan dan kebersihan lingkungan taman oleh warga Iingkungan sekitar. Dan yang lebih penting lagi dengan membentuk kelompok perawat taman dengan memanfaatkan warga pensiun yang produktif, membentuk kelompok peduli lingkungan dan sampah,” tambahnya.

Purnomo mengaku kelurahan Pedurungan Kidul juga telah mendapatkan sertifikat ODP (Open Defecation Free) atau bebas dari buang air besar di sembarang tempat. Pasalnya semua keluarga di wilayah Kelurahan Pedurungan Kidul sudah memiliki Jamban. Adanya Lomba Kampung Hebat telah menambah semangat warga untuk merawat kampungnya sendiri.

Baca juga:  Tua-Muda, Turing Sepeda Motor Rajut Kebersamaan

“Ada semangat dalam merawat kampungnya untuk menjadi lebih maju dan warganya sangat antusias dalam menjaga kebersihan wilayahnya,” katanya.

Sementara itu, Camat Pedurungan Kukuh Sudarmanto mengatakan, Lomba Kampung Hebat membuat warga lebih peduli dengan lingkungannya. Selain itu juga sebagai ajang motivasi warga untuk membangun dan memperbaiki lingkungannya. “Ini sangat bagus karena mampu mengajak warga dengan sukarela ikut membangun dan memikirkan lingkungannya menjadi lebih maju dalam menata,” paparnya. (hid/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya