alexametrics

Wali Kota Semarang Bikin ‘Ambyar’  Ribuan Warga Banyumanik

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Roadshow Kampung Hebat putaran kedua di Lapangan Gaharu, Kelurahan Srondol Wetan, Banyumanik, berlangsung meriah, Minggu (8/12). Ribuan warga tampak bergembira mengikuti seluruh rangkaian acara roadshow yang digelar Jawa Pos Radar Semarang bersama Pemerintah Kota Semarang tersebut. Warga juga sempat dibikin ‘ambyar’ oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang menyanyikan lagu ‘Kartonyono Medot Janji’ di sela pembagian doorprize.

Sejak pukul 05.30, warga sudah berkumpul di Lapangan Gaharu untuk bersiap mengikuti senam massal. Tepat pukul 06.00 pagi, musik mulai menghentak, wargapun diajak untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan senam massal dengan irama musik beritme tinggi. “Ayo mana semangatnya warga Srondol Wetan,” teriak instruktur senam dari atas panggung.

Setelah 30 menit, warga mulai kepayahan mengikuti gerakan enerjik dari sang instruktur. Sambil menunggu Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi datang, warga diajak untuk cooling down, dengan irama senam yang lebih santai. Setelah dihajar membakar lemak dan mengeluarkan keringat, tepat pukul 07.00, ribuan warga diajak jalan sehat mengelilingi kampung sejauh 2 kilometer. Jalan sehat dilepas oleh Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Hernowo Budi Luhur dan Camat Banyumanik Maryono.

SEMARAK: Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berfoto selfie dengan Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi saat menyanyikan lagu ‘Kartonyono Medot Janji’ di acara Roadshow Kampung Hebat di Lapangan Gaharu, Srondol Wetan, Banyumanik, kemarin. (bawah) Para paserta jalan sehat saat dilepas di garis start. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SEMARAK: Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berfoto selfie dengan Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi saat menyanyikan lagu ‘Kartonyono Medot Janji’ di acara Roadshow Kampung Hebat di Lapangan Gaharu, Srondol Wetan, Banyumanik, kemarin. (bawah) Para paserta jalan sehat saat dilepas di garis start. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

Peserta jalan sehat pun mengular. Menyusuri jalan kampung. Saat ekor peserta jalan sehat masih di Lapangan Gaharu,  Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi tiba di lokasi roadshow.  Kedatangannya langsung disambut oleh Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi. Sejumlah kepala OPD dan pejabat pemkot ikut mendampingi. Di antaranya, Kabag Humas dan Protokol Pemkot Semarang Wing Wiyarso, Kepala Dinas Perindustrian Nurjanah, Kepala Dinas Pendidikan Gunawan Saptogiri, Kepala Disperkim Ali, Kepala Dinkop dan UMKM Bambang Suronggono, Kepala Diskominfo Kota Semarang Bambang Pramusinto, Plt Distaru Irwansyah, Kepala Dinas Pedagangan Fravarta Sadman, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang dr Moch. Abdul Hakam,  dan Kepala Seksi Pengelolaan dan Pengembangan Drainase DPU Hisyam Ashar. Tampak juga seluruh lurah di Kecamatan Banyumanik, termasuk tuan rumah Lurah Srondol Wetan Ali Akbar Masdiq.

Baca juga:  Buat Website Mandiri untuk Kenalkan Potensi

Meskipun tidak bisa melepas peserta jalan sehat. Wali kota yang akrab disapa Hendi ini tetap berjalan menyusuri jalan kampung. Ia tampak berjalan ke arah utara di Jalan Rasamala III melewati depan Pasar Rasamala. Hendi juga berkeliling di stan UMKM yang dipamerkan di Lapangan Gaharu untuk mendengar aspirasi warga. “Ini mau melihat perkembangan kampung, mana yang mau dibenahi,”kata Hendi.

Kesempatan tersebut, digunakan warga yang selesai melakukan jalan sehat untuk berswafoto. Tampak ibu-ibu, karang taruna, dan anak-anak pun berebut berfoto dengan Hendi yang kemarin mengenakan kaos berlogo PSIS Semarang. “Pak foto dulu ya, tadi saya tungguin anak saya pengin foto sama bapak,” tutur seorang ibu.

Hendi tampak bercengkrama dengan warganya. Tidak ada sekat antara warga dan pemimpin daerah yang dikenal low profile ini. Ditemani Baehaqi, Hendi mengunjungi satu per satu stan UMKM yang ada dipamerkan 11 kelurahan di Kecamatan Banyumanik. “Niki nopo buk? Kulo tumbas nggih,” seloroh Hendi yang disambut riuh oleh pelaku UMKM asal Srondol Wetan.

Dalam acara tersebut, juga dimeriahkan penampilan tari tradisional dari siswa SMA Negeri 4 Semarang yang menarikan Gambang Semarang dan Geol Denok. Hendi juga bersempatan memberikan kartu Universal Health Care (UHC) dari Dinkes Kota Semarang, serta bantuan dari Baznas Kota Semarang. Ada pula penyerahan tempat sampah dari Coca Cola Amatil Indonesia kepada Kelurahan Srondol Wetan.

“Tadi Pak Wali keliling kampung, katanya akan ada jalan kampung yang dibangun. Semarang ini punya wali kota yang luar biasa, Jawa Pos Radar Semarang siap hadir untuk mendukung program Pemerintah Kota Semarang membangun kampung dan membangun Kota Semarang menjadi semakin hebat,” kata Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi saat memberikan sambutan.

Menurut Baehaqi, Kota Semarang tidak akan hebat tanpa pemimpin yang hebat, yakni Wali Kota Hendrar Prihadi. Gelaran Kampung Hebat sendiri, kata Baehaqi, menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan Kota Semarang lebih hebat, di mana di dalamnya banyak program untuk warga melakukan inovasi dari berbagai bidang, misalnya kesehatan, kebersihan kampung, keamanan, dan bidang UMKM. Pria yang khas dengan logat Jawa Timuran ini juga mengapresiasi antusiasme warga untuk ikut dalam acara jalan sehat.  “Total kita berikan 3 ribu kupon. Sabtu kami sebar 2.500 kupon, habis. Sorenya ditambah lagi 500 habis, tadi sebelum acara juga masih banyak warga yang minta kupon. Antusiasmenya sangat tinggi,”ucapnya.

Baca juga:  Cegah Longsor, Hendi Masifkan Penanaman Rumput Vetiver

Dalam kesempatan tersebut, Baehaqi bertanya adakah warga berlangganan Jawa Pos? Salah seorang peserta bernama Iriyaningsih pun  naik ke atas panggung. Ia mengaku telah berlangganan Jawa Pos sejak tiga tahun terakhir. Menurut dia, beberapa rubrik yang ada di Jawa Pos sangat menarik dan berbeda dengan yang lain. “Ini buk, buat ganti langganan selama satu bulan. Jawa Pos adalah koran dengan pembaca terbanyak di Indonesia, bukan koran lain, terima kasih ya buk,” kata Baehaqi sambil menyerahkan uang tunai kepada Iriyaningsih.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, jika wilayah yang menang Kampung Hebat, selain mendapatkan hadiah, lurahnya juga berkesempatan pergi ke luar negeri untuk belajar yang hasilnya bisa diaplikasikan di wilayahnya. “Semarang Hebat, karena warganya semakin kompak untuk membangun dan membina kerukunan,” kata wali kota.

Dalam kesempatan itu, Hendi juga berpesan agar warga bisa memupuk rasa nasionalisme, toleransi, cinta NKRI dan Pancasila serta menangkal radikalisme yang ada di wilayahnya. “Dulu yang gontok-gontokan karena pemilu ya sudah, wajar beda pilihan. Yang penting pesan dari pendiri bangsa, meski kita berbeda, suku, ras, ataupun agama tetap satu dan buat kota ini menjadi hebat,” tuturnya.

Dalam roadshow yang didukung BNI, Bank Jateng, Dewangga Lil Hajj Wal Umroh, Sidomuncul, CARfix, JNE, RS Columbia Asia, Global Elektronik, Alfamart, Telkom, Sirup Kartika dan Coca Cola itu, Hendi juga mengaku sudah melihat beberapa sudut kampung di Kelurahan Srondol Wetan, termasuk Jalan Rasamala III yang mengalami kerusakan. Selain itu, dirinya juga berencana akan mempercantik Lapangan Gaharu dengan membangun jogging track serta peningkatan lapangan yang bisa digunakan warga untuk berolahraga.

Baca juga:  Ciptakan Aplikasi Pemantau Rumah Kos ‘Si Tetuko’

“UMKM di sini sangat menonjol dan variatif dan bisa mengangkat perkonomian. Selain itu, tadi ada masukan dari masyarakat, ada project urgent yakni pengaspalan Jalan Rasamala III. Minggu depan Disperkim akan langsung mengaspal. Kalau yang pembangunan lapangan, tahun depan akan dianggarkan agar lapangan ini bisa dipercantik,” kata Hendi.

Dua jam lebih, Hendi hadir di Lapangan Gaharu. Sebelum meninggalkan acara, Hendi memberikan hadiah kepada warga Srondol Wetan dengan memberikan pertanyaan seputar Kota Semarang. Selain itu, Hendi juga menyerahkan doorprize sepeda gunung kepada Wahyudi, warga Pudaak Payung.  Hendi juga menyumbangkan suara emasnya dengan menyanyikan lagu ‘Kartonyono Medot Janji’ yang dipopulerkan Denny Caknan.

“Ayo nyanyi bareng, dan ambyar bareng ya,” ajak  Hendi.

Camat Banyumanik Maryono mengatakan, Kampung Hebat merupakan kegiatan yang luar biasa, selaras dengan konsep Wali Kota Semarang, bergerak bersama. “Event ini ada hikmahnya, wilayah kami akan dibangun oleh Pak Wali, saya harap semangat warga untuk bergotoyong royong semakin meningkat,” katanya.

Ali Akbar Masdiq, Lurah Srondol Wetan pun mengapresiasi kesuksesan acara kemarin. Ia melihat warganya merasa senang bisa melepas penat di weekend dengan berkumpul bersama.“Acara ini sangat luar biasa, masyarakat sangat antusias,” ucapnya.

Hariyanto, warga Srondol Wetan yang beruntung mendapatkan hadiah utama kulkas bersyukur telah mengikuti serangkaian acara hingga mendapatkan doorprize lemari es.“Baru kali ini lho saya dapat hadiah di acara. Alhamdulillah seneng banget, gak nyangka. Padahal saya tadi sudah mau pulang, Alhamdulillah memang rezeki saya,” ucapnya penuh syukur.

Hal senada diungkapkan Dita Rohmawardani, warga Srondol Wetan. Ia sangat beruntung mendapatkan hadiah LED TV. Pemilik nomor keberuntungan 3186 ini mengaku datang untuk berolahraga senam dan jalan sehat.

Alhamdulillah, kebetulan saya belum punya TV. Terima kasih untuk acara ini, dan memang rezeki saya,” ujarnya.(den/nor/akm/idf/yan/avi/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya