alexametrics

Optimistis Menang, Sendangguwo Andalkan Artis

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Kelurahan Sendangguwo, Kecamatan Tembalang menyiapkan artis untuk meraih kemenangan dalam Lomba Kampung Hebat 2019-2020. Artis itu ada di lingkungan RW 7. Masyarakat di sana selalu menjadikannya panutan. Siapakah artis itu?

Ketua RW 7 Agung Priyambodo menjelaskan, artis itu adalah nilai-nilai yang selalu dipegang warganya. Nilai itu berupa Aman lingkungan; Rukun, guyub, toleransi agama dan budaya; Tertib warga dan tertib lingkungan; Indah lingkungan; serta Sehat rumah dan sehat lingkungan. “Sebelum ditunjuk untuk mengikuti Lomba Kampung Hebat ini, kami sudah memakai artis di lingkungan RW 7. Itu yang membuat warga mampu guyub,” ujarnya. RW 7 tercatat sebagai peserta kategori Kampung Pancasila.

Baca juga:  RW 4 Mangunharjo Resmi Jadi Kampung Pancasila

Menurutnya, warga yang guyub itu sudah biasa. Masyarakat turut dalam rembug adalah bukti masyarakat saling bekerjasama. Tentunya untuk memajukan wilayahnya. Guyub dimisalkan dalam bentuk tenaga juga pikiran. “Kami optimistis sekali, untuk memenangkan Lomba Kampung Hebat kategori Kampung Pancasila ini. Kami ingin dapat hadiah yang besar untuk kepentingan warga,” ucapnya.

Setiap kegiatan yang dicanangkan pada lingkungan RW 7 harus berpatokan pada artis. Misalnya dalam hal toleransi. Agung menjelaskan di wilayahnya terdapat dua ormas besar Islam, yaitu Nahdlatul Ulama (NU) dan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII). Kedua ormas itu mampu berdampingan, juga menjalin toleransi dengan nonmuslim di sana. Ada Kristen dan Katolik.

“Sikap toleransi yang nyata adalah adanya halal bihalal di Balai RW 7 ini. Halal bihalal tidak hanya diikuti oleh masyarakat yang beragama Islam, tapi seluruh warga masyarakat walaupun berbeda agama,” ujar Agung.

Baca juga:  Meteseh Ternyata Unggulkan Batik Tapak Dara, Apa Motifnya?

Warga juga bergotong royong untuk pembangunan tempat ibadah. “Gereja itu pembangunannya juga dibantu warga, kami tidak memandang apapun itu. Tiap ada gotong royong warga dari berbagai lini pasti ikut turun. Yang penting ada artis,” ucapnya sembari bercanda.

Lurah Sendangguwo Agustinus Kristyono berkata, awalnya warga bingung dan tidak tahu tentang Kampung Pancasila itu seperti apa. Warga baru tahu kalau apa yang sejak dahulu mereka lakukan itu, masuk kategori Kampung Pancasila. “Saya melihat ada potensi di RW 7. Berkat artis, di sana layak untuk menjadi Kampung Pancasila,” tuturnya.
Selain RW 7, Kelurahan Sendangguwo juga mendaftarkan RW 1 dalam kategori Kampung Kreatif dan Inovatif. Warga memiliki banyak UMKM, beraneka produknya juga sudah dijual di swalayan-swalayan ternama di Semarang. Mulai dari produk peralatan rumah tangga hingga produsen jamur merang.

Baca juga:  Masyarakat Terus Bergerak Bersama

Bhabinkamtibmas Kelurahan Sendangguwo Bripka A. Endar Bayu C mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memajukan Sendangguwo. Karena telah memiliki segudang prestasi dan nilai historis yang bisa dibanggakan. “Untuk keamanan, di sini warganya nyedulur semua, tiap ada permasalahan bisa diselesaikan secara kekeluargaan,” jelasnya. (yan/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya