alexametrics

Sawah Besar Bidik Juara Bersih, Hijau dan Sehat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, GAYAMSARI – Lomba Kampung Hebat yang diprakarsai Jawa Pos Radar Semarang dengan Pemerintah Kota Semarang telah dimulai sejak awal November 2019. Kelurahan Sawah Besar Kecamatan Gayamsari telah mendaftar dan membidik sebagai juara Kampung Bersih, Hijau dan Sehat.

“Lokasinya berada di RW 2, Kampung Bersih Hijau Sehat. Saya memilih lokasi itu karena beda dengan tempat yang lain. Di situ penghijauan lebih menonjol, banyak tanaman sepanjang jalan situ namanya tanaman Pandan, karena kampungnya situ namanya Pandansari,” ungkap Lurah Sawah Besar Jaka Suryanta, Rabu (4/12).

Dijelaskannya, Sawah Besar termasuk daerah langganan banjir ketika diguyur hujan deras. Sehingga ia terus berupaya memberikan motivasi warga supaya menjaga lingkungan atau wilayah masing-masing, utamanya dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Baca juga:  Lurah Jerakah Bagikan Tanaman Katuk

“Sehingga dengan merawat lingkungan, membersihkan saluran, akan meminimalisasi wilayah kita dari banjir. Akhirnya digerakkan kegiatan kerja bakti, menanam. Jadi diawali dari situ,” katanya.

Penghijauan yang dilakukan nantinya bukan hanya di kampung Pandansari. Namun akan terus melebar di tempat lain, wilayah Kelurahan Sawah Besar. Bahkan, sekarang ini telah mendapat bantuan berupa tanaman penghijauan. “Kita dapat bantuan 100 tanaman, jenis trembesi dan mangga. Ini nanti kita sebar, ditanam di wilayah kita,” tegasnya.

Kegiatan kerja bakti dalam menjaga lingkungan juga terus digalakkan, dan mendapat sambutan baik dari warga. Peran masyarakat setempat sangat dibutuhkan dalam mengawali aktifitas untuk mewujudkan kampung menjadi bersih dan sehat. “Bukan hanya saat kerja bakti saja, tapi setiap saat. Terpenting juga menjaga kebersihan tidak membuang sampah sembarangan,” katanya.

Baca juga:  Tambakrejo Tanamkan Toleransi Sejak Dini

Jaka sangat mengapresiasi kegiatan Lomba Kampung Hebat. Tahun lalu, Kelurahan Sawah Besar telah mengikuti perlombaan Kampung Hebat 2018, dengan memilih Kampung Tematik. “Kegiatan ini sangat bagus, memotivasi wilayah untuk bergerak menuju kebaikan.

Harapan kami yang jelas, namanya penghijauan itu sangat penting. Apalagi di daerah kita, Kota Semarang itu kan panas. Minimal bisa membantu menyumbang kaitannya dengan udara bersih dan sehat,” jelasnya. (mha/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya