alexametrics

Keja Bakti Malam Jaga Lingkungan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Kelurahan Ngijo, Kecamatan Gunungpati, telah siap bersaing dengan kelurahan lain dalam Lomba Kampung Hebat. Perumahan Green Village RT 08 RW 03 akan menjadi perwakilan untuk kategori Bersih, Hijau dan Sehat.

Lurah Ngijo, Siti Muhimatul Haliyah menuturkan, kampungnya telah melakukan banyak kegiatan untuk program kebersihan. Antara lain memberikan pelatihan pengelolaan kompos, budidaya tanaman dan sayuran organik, dan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat  (PHBS). Warga juga kompak membuat sarpras penunjang. Seperti  bank sampah portabel, alat pembuat komposer, tempat pilah sampah dan lubang resapan (LRB) Biopori.

“Untuk yang saya sebutkan itu sudah berhasil kami jalankan semua pada bulan November.  Sedangkan bulan Desember ini kami hendak membuat taman RT, kebun pertanian, taman vertikal dan menanam tanaman buah dalam pot (tabulampot),” ujarnya.

Baca juga:  Manfaatkan Lahan Sempit untuk Penghijauan

Muhim melanjutkan, yang unik dari kampungnya adalah seluruh aktivitas kerja bakti warga dilakukan pada malam hari. Hal tersebut karena hampir seluruh warga yang tinggal berprofesi sebagai PNS dan anggota TNI/ Polri. Sehingga baru dapat berkumpul setelah jam kerja selesai. Kecuali para ibu yang biasa kerja bakti pada siang hari. Meski begitu, warganya tetap antusias mengikuti kegiatan bersih kampung. Dan saling bahu membahu untuk menjaga lingkungan sekitar.

Alhamdulillah-nya meski sibuk, mereka mau dan kompak untuk bekerja bakti malam hari. Dan melihat antusiasme warga, saya tidak khawatir Ngijo akan bersaing dengan kampung lain. Karena saya yakin bersama dengan warga, kami bisa menjadikan Ngijo kampung bersih, sehat dan hijau dan menjuarai kampung hebat,” ujarnya optimistis.

Baca juga:  Antusiasme Warga Ikut Kampung Hebat Sangat Tinggi

Hari Minggu (8/12) nanti, kampungnya akan melauncing Posbindu Green Village. Dengan menyediakan cek gula darah, tensi, konsultasi dokter dan program senam rutin. Pihaknya berharap warga dapat memanfaatkan fasilitas tersebut. Sehingga kesehatan warga Ngijo akan meningkat dan terjamin.

“Karena bersih dan hijau lingkungan tidak cukup jika warganya tidak sehat. Semoga saja Posbindu ini dapat bermanfaat untuk keshatan warga,” pungkasnya. (akm/zal) 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya