alexametrics

Warga Jatirejo Hijaukan Kampung dengan Seribu Pohon

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG — Warga Kelurahan Jatirejo Kecamatan Gunungpati bersama mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) menanam sekitar 1.000 bibit pohon, Minggu (24/11). Penanaman tersebut dipusatkan di wilayah RW 4 yang juga menjadi peserta Lomba Kampung hebat 2019-2020 kategori Kampung Bersih, Hijau dan Sehat.

“Ini salah satu persiapan untuk mengikuti lomba kampung hebat, kita bekerjasama dengan Unnes untuk menanam seribu pohon. Masyarakat bersama mahasiswa menanam pohon-pohon di lingkungan RW 4,” ucap Lurah Jatirejo Bambang Haryanto. Sebelum menanam pohon, juga digelar senam bersama.

Bambang menjelaskan, melalui kegiatan itu pihaknya menginginkan Jatirejo kembali hijau. Beberapa tempat di Jatirejo terlihat sudah mulai gersang, lantaran maraknya penebangan pohon, serta musim kemarau yang berkepanjangan. ”Kami ingin mengembalikan Kelurahan Jatirejo agar seperti dahulu, ijo royo-royo, banyak air, tidak kekurangan seperti sekarang,” ujarnya.

Baca juga:  Warga Pekalongan Kompak Bersihkan Kampung

Jatirejo telah mengikutkan dua wakilnya dalam Lomba Kampung Hebat kali ini. Selain RW 4, RW 1 diunggulkan dalam kategori Kampung Kreatif dan Inovatif. “Yang kami unggulkan pertama kali adalah olahan kolang-kaling, bagaimana me-manage kolang-kaling itu menjadi suatu inovasi. Seperti jadi selai, minum-minuman, untuk lulur juga,” tuturnya.

Selain melakukan penanaman pohon, dalam acara tersebut dilakukan pula pemberantasan jentik nyamuk. Hal itu dilakukan oleh PKK setempat bersama Petugas Surveilans Kesehatan (Gasurkes).

“Lomba Kampung Hebat ini akan menjadi sebuah kegiatan positif. Intinya adalah lurah bersama dengan lembaga masyarakat yang lain, bekerja sama, bahu-membahu bersinergi untuk meningkatkan potensi yang ada di kelurahan sekaligus membangkitkan keberdayaan masyarakat,” ujar Camat Gunungpati Ronny Tjahjo Nugroho yang turut hadir dalam kegiatan ini. (cr3/ton)

Baca juga:  Kembangkan Tanaman Hias Kodedama

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya