alexametrics

Yuniasih, Kepala Sekolah Inspiratif Siaga Kependudukan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal– Keaktifan Kepala SMA Negeri 1 Kendal (SMANIK), Yuniasih dalam mengkampanyekan Sekolah Siaga Kependudukan mendapatkan apresiasi. Ia mendapatkan apresiasi dalam ajang Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2021.

Yuniasih meraih penghargaan untuk kategori ‘Kepala Sekolah Inspiratif Penggerak Sekolah Siaga Kependudukan di Jateng’. Penghargaan itu diberikan atas kiprah Yuniasih yang getol mengampanyekan sekolah siaga kependudukan. Yakni sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana ke dalam mata pelajaran sebagai pengayaan materi pembelajaran.

“Tentu ini tidak mudah, tapi nyatanya mampu dilaksanakan dalam setiap kurikulum. Sehingga peserta didik menyadari pentingnya keluarga berencana kelak ketika mereka akan membina rumah tangga,” kata Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi.

Baca juga:  Penghargaan untuk Lima Inspirator dari Kendal

Yuniasih juga merupakan salah satu tokoh penggerak sekolah siaga kependudukan di Jateng. Tidak hanya di sekolahnya saja, ia secara aktif memberikan bimbingan dan pendampingan ke sejumlah sekolah di Jawa Tengah menuju sekolah siaga kependudukan. Bahkan ia dipercaya menjadi narasumber Sekolah Siaga Kependudukan oleh BKKBN dan DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah. “Ia tak segan berbagi pengalaman maupun pengetahuan kepada sekolah-sekolah lain untuk membentuk generasi berencana,” jelasnya.

Tujuannya tentu saja supaya guru dan peserta didik dapat memahami isu kependudukan dan para guru mampu mengintegrasikan isu kependudukan ke dalam pembelajaran sesuai di sekolah. “Langkah nyata untuk menyadarkan peserta didik memahami isu kependudukan dan keluarga berencana ini kami catat dan kami dengan bangga memberikan Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2021,” tutur Baehaqi.

Baca juga:  Dirikan Posko Kesehatan, Beri Pendampingan KB

Tujuan apresiasi ini tidak lain agar lebih banyak yang termotivasi untuk kerja keras untuk perubahan yang lebih baik. “Sekaligus bukti, bahwa kami sebagai media tidak hanya bisa mengkritik tapi juga mengapresiasi kepada mereka yang benar-benar berprestasi,” paparnya.

Kepala SMANIK Yuniasih mengaku berterimakasih atas penghargaan yang diberikan Jawa Pos Radar Semarang. Penghargaan ini menurutnya sangatlah berarti bagi dirinya untuk ke depan bisa berkarya lebih baik.  “Penghargaan Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2021 ini menjadi motivasi saya untuk semakin membulatkan tekad mengajak sekolah lain agar mengimplementasikan Sekolah Siaga Kependudukan,” tuturnya.

Menurutnya penting untuk menyiapkan generasi yang sadar akan kependudukan dan keluarga berencana kepada generasi muda. Hal itu harus dimulai dari sekolah-sekolah. “Ini sangat penting karena sekolah merupakan tempat strategis untuk membekali lulusan agar siap menghadapi bonus demografi 2030-2040 yang akan datang,” tambahnya. (bud/ton)

Baca juga:  BPR Arto Moro Raih Anugerah Radar Semarang 2021 Berkat Inovasi Produk dan Pelayanan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya