alexametrics

Apresiasi Unit Reaksi Cepat PDAM Kendal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KENDAL – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Tirto Panguripan Kendal terus meningkatkan kepuasan pelanggan. Komitmen itu membuat Jawa Pos Radar Semarang memberikan apresiasi atas Inovasi Pelayanan, Pencapaian dan Peningkatan Pendapatan Asli Daerah’.

Apresiasi disampaikan langsung Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi. Ia mengatakan, PUDAM Tirto Panguripan Kendal memiliki komitmen tinggi untuk memberikan kepuasan pelanggan. Yakni dengan terus melakukan inovasi dalam hal pelayanan.

Beberapa inovasinya PUDAM Tirto Panguripan sigap dalam merespon keluhan pelanggan dengan menyediakan layanan aduan 24 jam. Selain itu, menyiapkan Tim Unit Reaksi Cepat. Tim ini secara mobile menangani setiap aduan masyarakat.

“Selama ini Tim Unit Reaksi Cepat itu hanya ada di kepolisian maupun tim rescue atau pemadam kebakaran. Tapi PUDAM Tirto Panguripan telah mampu membuktikannya. Inovasi pelayanan harus dilakukan dalam tubuh manajemen PUDAM dalam hal pelayanan air,” tegasnya.

Baca juga:  Kajari Kendal: Setiap Barang Memiliki Nilai Berharga

PUDAM Tirto Panguripan Kendal memberikan layanan terbaik kepada seluruh pelanggan. Salah satunya perawatan dan penggantian pipa maupun meteran air yang sudah lama. Selain itu mengganti pompa air dan menambah sumur dalam agar jaringan pipa dapat menjangkau semua wilayah di Kendal.

Di bawah kepemimpinan Direktur Utama Sunanto, PUDAM Tirto Panguripan terus meningkatkan pelayanan dengan memberikan kemudahan pembayaran rekening secara online. Seperti PT POS Indonesia, Tokopedia, Bukalapak, Indomaret, Alfamart, KUD, Kopkar, Gopay, Bank Jateng, BNI dsb. Selain itu untuk menjaga aliran air, PUDAM Tirto Panguripan telah berhasil mengurangi angka kebocoran sebesar 0,5 persen per tahun.

PUDAM Tirto Panguripan juga membuat inovasi penyediaan kran air siap minum (KASM) yang ditempatkan di area publik. Sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat luas. Masyarakat yang sedang berada di area publik tidak perlu repot mencari air minum, bisa langsung ke KASM untuk minum.

Baca juga:  Menebar Inspirasi di Tengah Pandemi

Konsistensi kerja keras itu telah membuahkan hasil dengan jumlah pelanggan yang setiap tahun meningkat. Hingga November 2021, pelanggan PUDAM Tirto Panguripan mencapai 91.862 SR.

Peningkatan dibarengi kenaikan laba PUDAM Tirto Panguripan yang terus meningkat. 2019 laba yang diperoleh sebesar 8,1 miliar, 2020 sebesar 8,5 miliar dan 2021 ini ditargetkan bisa mencapai 8.9 miliar.

Keberhasilan ini PUDAM menjadi salah satu yang menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cukup tinggi diantara BUMD yang ada di Kendal.

“Kerja keras dan inovasi sangat luar biasa, maka kami dengan bangga dan tidak berlebihan memberikan penghargaan ini,” tambahnya.

Dirut PUDAM Tirto Panguripan Sunanto mengakui keberhasilan yang diraih itu lantaran kerja keras semua tim dan manajemen.

Baca juga:  Tak Hanya Berorientasi Bisnis, Tetapi Juga Memasukkan Nilai-Nilai Kehidupan

“Tanpa ada kerja sama semua tim, maka keberhasilan ini tidak akan pernah terjadi,” akunya.

Sunanto menambahkan, perusahaannya bergerak dalam bidang jasa. Maka inovasi pelayanan harus terus dilakukan sesuai kebutuhan masyarakat sekarang. Termasuk di era digitalisasi dengan berupaya memberikan kemudahan kepada pelanggan.

“Baik informasi maupun aduan yang ditangani secara cepat,” tambahnya. (bud/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya