alexametrics

Dico dan Chaca Raih Anugerah Jawa Pos Radar Semarang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Di momen peringatan Hari Ibu Nasional, Jawa Pos Radar Semarang memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada dua sosok ibu inspiratif dan hebat. Selain itu, juga memberikan  apresiasi yang sama pada tiga tokoh inovatif di Kendal lewat Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2021.

Dua ibu inspiratif  yang berkesempatan mendapatkan apresiasi Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2021 itu adalah Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Kendal Wynne Frederica dan Kepala SMA Negeri 1 Kendal (SMANIK) Yuniasih.

Sedangkan tiga tokoh inovatif, yakni Bupati Kendal Dico Mahtado Ganinduto, Kepala Kejaksaan Negeri Kendal Ronaldwin, dan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Tirto Panguripan Kendal Sunanto.

Piala dan sertifikat diserahkan langsung Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi di tengah acara resepsi Hari Ibu Nasional ke-93 di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Rabu (22/12).

Ketua TP PKK Kendal Wynne Frederica mendapatkan apresiasi kategori ‘Tokoh Perempuan Inspiratif dalam Pencegahan dan Penurunan Kasus Stunting’. Penghargaan itu diberikan atas kegigihan istri Bupati Kendal itu dalam memerangi kasus stunting.

Ibu satu anak yang akrab disapa Chacha  ini menjadikan kasus stunting sebagai perhatian khusus untuk segera ditanggulangi. Sebab, di Kendal, kasus stunting masih cukup tinggi, mencapai  5.017 kasus. Naluri seorang ibu, Chacha mengaku prihatin dan tergerak untuk menuntaskan kasus stunting di Kendal.

Ia memiliki berbagai program unggulan untuk menurunkan kasus stunting di Kendal. Yakni, dengan program edukasi warga, dan program pemberian gizi tambahan bagi ibu hamil, ibu menyusui dan balita.

“Bagi Bu Chacha, stunting bukan hanya karena masalah ekonomi atau kekurangan makan. Tapi bisa juga terjadi dikarenakan pola asuh yang salah dari orang tua maupun lingkungan setempat,” kata Baehaqi saat memberikan sambutan sebelum menyerahkan Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2021.

Sosialisasi stunting dilakukan dengan melibatkan bidan desa dan kader PKK di desa dan kelurahan yang secara aktif mendatangi ibu-ibu hamil secara door to door. “Bu Chacha turun langsung mendatangi rumah warga untuk menyosialisasikan program-program pencegahan stunting,” tuturnya.

Baca juga:  Kredit Startup Milenial Bank Jateng Bangkitkan Optimistisme Pengusaha Muda
Bupati Kendal Dico Mahtado Ganinduto saat menerima Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2021 yang diserahkan oleh Direktur Baehaqi. (BUDI SETIYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

Ibu hebat dan inspiratif kedua yakni Yuniasih, Kepala SMANIK. Ibu dua anak ini mendapatkan penghargaan untuk kategori Kepala Sekolah Inspiratif Penggerak Sekolah Siaga Kependudukan di Jateng.

Yuniasih selalu aktif mengampanyekan sekolah siaga kependudukan. Yakni, sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana ke dalam beberapa mata pelajaran sebagai pengayaan materi pembelajaran.

Yuniasih juga merupakan salah satu tokoh penggerak sekolah siaga kependudukan di Jateng. Ia secara aktif memberikan bimbingan dan pendampingan ke sejumlah sekolah di Jawa Tengah menuju sekolah siaga kependudukan. Bahkan  ia dipercaya menjadi narasumber Sekolah Siaga Kependudukan oleh BKKBN dan DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah.

“Ia (Yuniasih) tak segan berbagi pengalaman maupun pengetahuan kepada sekolah-sekolah lain untuk membentuk generasi berencana. Tujuannya, supaya guru dan peserta didik dapat memahami isu kependudukan dan para guru mampu mengintegrasikan isu kependudukan ke dalam pembelajaran di sekolah,”  tutur Baehaqi.

Jawa Pos Radar Semarang juga dengan bangga memberikan apresiasi kepada Bupati Kendal Dico Mahtado  Ganinduto untuk kategori ‘Inovasi Sport Tourism Berbasis Kearifan Lokal’.

Dalam upaya mewujudkan visinya untuk menjadikan Kabupaten Kendal sebagai Kota Pariwisata, Bupati Kendal Dico M. Ganintudo  membuat terobosan Sport Tourism Berbasis Kearifan Lokal. Konsep pariwisata berbasis olahraga yang menggabungkan keindahan alam dan UMKM Kendal untuk menarik wisatawan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Baca juga:  Akhirnya Mengisi Seminar Lagi

Beberapa di antaranya adalah Sport Tourism Bike Park Downhill di Desa Kenjuran, Kecamatan Sukorejo dan Desa Nawangsari, Kecamatan Weleri, wisata berkuda Santoso Stable di Pasigitan Boja, wisata Jetski di Pantai Indah Kemangi dan wisata Aeromodelling di Sumbersari Ngampel. Selain itu juga akan ada revitalisasi GOR Bahurekso, Stadion Utama Kendal, Stadion Madya Kendal, Wisma Atlet serta pembangunan Gedung Kendal Youth Center dan Gedung Sepak Takraw.

“Ini kami catat dan layak untuk mendapatkan apresiasi. Sebab, saat ini tidak banyak kepala daerah memiliki konsep tersebut. Jika program ini sukses, maka Kendal sebagai ikon kota wisata di Jateng tidaklah sulit. Tentunya akan memberikan dampak luar biasa terhadap pertumbuhan UMKM dan kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2021 juga diberikan kepada Kajari Kendal Ronaldwin untuk kategori Inovasi Pemeliharaan Barang Bukti dan Barang Rampasan.  Kejari Kendal di bawah kepemimpinan Ronaldwin memiliki program inovasi dalam pemeliharaan barang bukti dan barang rampasan. Setiap barang bukti dan barang rampasan yang berada di bawah tanggung jawab Kejari Kendal selalu dijaga dan dipelihara dengan baik.

Kejari Kendal memiliki tempat khusus untuk menyimpan barang bukti pelanggaran yang ditahan. Bahkan motor atau mobil yang ditahan, secara rutin dicuci dan dilap sampai bersih. Perlakuan istimewa perawatan barang bukti dan barang rampasan dilakukan Kajari asal Padang Sumatera Barat ini karena meyakini  setiap barang memiliki nilai berharga bagi pemiliknya.

Selain itu, perawatan barang bukti dan barang rampasan dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja kejaksaan. Pemilik barang bukti dan barang rampasan merasa aman dan nyaman karena barang mereka dirawat dengan baik oleh Kejari Kendal.

Malah, bila denda sudah dibayarkan pelanggar, atau perkara sudah memiliki kekuatan hukum tetap, barang bukti akan dikirim ke alamat pemilik melalui pos maupun diantar petugas kejaksaan.  “Mungkin ini inovasi kecil, tapi memberikan dampak yang sangat luar biasa,” jelas Baehaqi.

Baca juga:  Apresiasi Unit Reaksi Cepat PDAM Kendal

Apresiasi serupa diberikan kepada Direktur PUDAM Tirto Panguripan Kabupaten Kendal Sunanto  untuk kategori  ‘Inovasi Pelayanan dan Pencapaian Pendapatan Asli Daerah’. PUDAM Tirto Panguripan memiliki komitmen tinggi untuk memberikan kepuasan pelanggan. Beberapa inovasinya PUDAM Tirto Panguripan sigap dalam merespon keluhan pelanggan dengan menyediakan layanan aduan 24 jam.

Selain itu, menyediakan tim unit reaksi cepat yang secara mobile menangani aduan masyarakat. “Selama ini, tim unit reaksi cepat itu hanya ada di kepolisian maupun tim rescue atau pemadam kebakaran. Tapi PDAM telah mampu berinovasi untuk kenyamanan pelanggan,” tandasnya.

Ketua TP PKK Chacha Frederica berterima kasih kepada Jawa Pos Radar Semarang yang telah memberikan apresiasi atas kerja kerasnya selama ini melawan stunting.  Ia mengaku tidak hanya sosialisasi dan edukasi saja. Tapi ia memberikan program pemberian daging kepada ibu hamil, ibu menyusui, dan balita.

“Syaratnya mereka harus mengikuti kelas edukasi stunting dulu. Dengan begitu, maka saya dapat dua hal. Pertama, ibu-ibu memahami penting dan bahayanya stunting. Sehingga mereka bisa memberikan pola asuh yang baik kepada anaknya. Kedua, mendapatkan gizi tambahan berupa daging dan susu, hal itu bagus untuk masa pertumbuhan anak,” imbuhnya.

Bupati Kendal Dico Mahtado Ganinduto juga menyampaikan ucapan yang sama. Penghargaan itu memberikannya semangat untuk mengabdi dan berbuat lebih baik lagi untuk Kendal tercinta. “Sudah menjadi komitmen saya sejak dilantik, untuk menjadikan Kendal sebagai Pusat Industri dan Pariwisata,” katanya. (bud/aro)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya