alexametrics

Penghargaan untuk Lima Inspirator dari Kendal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Para pemberi inspirasi kembali akan menerima Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2021. Hari ini (22/12), lima tokoh dan institusi di Kabupaten Kendal akan mendapatkan apresiasi tersebut. Penyerahan Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2021 akan berlangsung di Pendopo Pemkab Kendal, bersamaan dengan acara peringatan Hari Ibu di Kabupaten Kendal.

Tokoh pertama yang akan menerima apresiasi adalah Bupati Kendal Dico M. Ganinduto BSc untuk kategori Inovasi Sport Tourism Berbasis Kearifan Lokal. Apresiasi diberikan karena dalam upaya mewujudkan visinya untuk menjadikan Kabupaten Kendal sebagai Kota Pariwisata, Dico membuat terobosan Sport Tourism Berbasis Kearifan Lokal. Konsep pariwisata berbasis olahraga yang menggabungkan keindahan alam dan UMKM Kendal untuk menarik wisatawan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal yang juga istri bupati, Wynne Frederica SE BBA akan mendapatkan kategori Tokoh Perempuan Inspiratif dalam Pencegahan dan Penurunan Kasus Stunting.

Kasus stunting menjadi perhatian serius Wynne Frederica atau yang akrab disapa Chacha ini. Ia memiliki berbagai program unggulan untuk menurunkan kasus stunting di Kabupaten Kendal. Yakni, dengan program edukasi warga dan program pemberian gizi tambahan bagi ibu hamil, ibu menyusui dan balita. Chacha aktif mendatangi ibu-ibu hamil secara door to door untuk menyosialisasikan program-program pencegahan stunting.

Selanjutnya Kejaksaan Negeri Kendal diberi apresiasi untuk Inovasi Pemeliharaan Barang Bukti dan Barang Rampasan. Kejaksaan Negeri Kendal di bawah kepemimpinan Ronaldwin SH memiliki program inovasi dalam pemeliharaan barang bukti dan barang rampasan. Setiap barang bukti dan barang rampasan yang berada di bawah tanggung jawab Kejari Kendal selalu dijaga dan dipelihara dengan baik. Perlakuan istimewa perawatan barang bukti dan barang rampasan dilakukan Kajari asal Padang Sumetara Barat ini karena meyakini setiap barang memiliki nilai berharga bagi pemiliknya.

Baca juga:  Bendung Karet Kali Blorong Punya Potensi Wisata

Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Tirto Panguripan Kabupaten Kendal memiliki komitmen tinggi untuk memberikan kepuasan pelanggan. Beberapa inovasinya PUDAM Tirto Panguripan sigap dalam merespon keluhan pelanggan dengan menyediakan layanan aduan 24 jam. Selain itu menyediakan tim unit reaksi cepat yang secara mobile menangani aduan masyarakat. Di bawah kepemimpinan Sunanto ST MM, PUDAM Tirto Panguripan juga terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Konsistensi kerja keras itu telah membuahkan hasil dengan jumlah pelanggan yang setiap tahun meningkat. Peningkatan itu juga dibarengi dengan kenaikan laba. Pada 2018 laba diperoleh Rp 8,7 miliar, 2019 sebesar Rp 8,1 miliar, 2020 sebesar Rp 8,5 miliar dan 2021 ini ditargetkan bisa mencapai Rp 8,9 miliar. Oleh karenanya, PUDAM Tirto Panguripan mendapatkan anugerah kategori Inovasi Pelayanan dan Pencapaian Pendapatan Asli Daerah.

Baca juga:  Dico dan Chaca Raih Anugerah Jawa Pos Radar Semarang

Selanjutnya Yuniasih SPd M.Pd untuk kategori Kepala Sekolah Inspiratif Penggerak Sekolah Siaga Kependudukan. Sekolah siaga kependudukan adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana ke dalam beberapa mata pelajaran sebagai pengayaan materi pembelajaran. Yuniasih merupakan salah satu tokoh penggerak sekolah siaga kependudukan. Ia secara aktif memberikan bimbingan dan pendampingan ke sejumlah sekolah di Jawa Tengah menuju sekolah siaga kependudukan. Kepala SMA Negeri I Kendal ini dipercaya menjadi narasumber Sekolah Siaga Kependudukan oleh BKKBN dan DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah.

General Manager Jawa Pos Radar Semarang Iskandar menjelaskan, di tengah kesulitan ekonomi dan gerak sosial akibat pandemi Covid-19, tak serta-merta membuat pesimistis orang-orang yang selalu berpikiran positif. Inovasi, kreativitas, kerja keras, justru muncul pada mereka yang bervisi ke depan. Mereka menggelorakan semangat perubahan, membuat terobosan, maupun menyajikan perilaku yang patut dicontoh. “Sosok-sosok seperti ini sangat layak untuk diapresiasi atas kiprahnya.”

Baca juga:  Chacha Komitmen Perangi Stunting

Anugerah Jawa Pos Radar Semarang kali ini berlangsung di masa pandemi Covid-19. Manajemen Jawa Pos Radar Semarang memilih mendatangi sebagian penerima ke kantor masing-masing. Sebagian lagi berlangsung di sebuah tempat dengan jumlah undangan terbatas. “Karena kegiatan masih terbatas, acara besok (hari ini, Red) digelar dengan prokes,” tutur Iskandar.

Ketua Panitia Pratono menambahkan, tahun ini mengusung tema Menebar Inspirasi, karena Jawa Pos Radar Semarang sebagai elemen masyarakat di Jawa Tengah, tidak akan pernah berhenti untuk menyampaikan hal-hal positif. Harapannya inspirasi ini bisa menjadi semangat atau spirit bagi masyarakat. “Meskipun berlangsung terbatas dan sederhana, karena masih masa pandemi Covid-19, Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2021 tetap ingin menebar inspirasi dari para peraih penghargaan kepada masyarakat luas,” jelasnya. (ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya