alexametrics

Wali Kota Magelang Konsisten Jalankan Program Jemput Sakit Antar Sehat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz dan Kapolres Magelang Kota AKBP Asep Mauludin menerima Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2021, Kamis (2/12). Dokter Aziz meraih penghargaan kategori Konsistensi Program Jemput Sakit Antar Sehat. Sedangkan Asep mendapat penghargaan kategori Polisi Responsif Cegah Kriminalitas. Kedua penghargaan itu diserahkan langsung oleh Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi.

Baehaqi memuji langkah konkrit wali kota Magelang dalam mewujudkan visi Kota Magelang yang maju, sehat, dan bahagia. “Pak wali begitu detail memperhatikan kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan,” tuturnya saat menyerahkan penghargaan di Balai Kota Magelang.

Menurut Baehaqi, program Jemput Sakit Antar Sehat adalah sebuah terobosan percepatan pelayanan kesehatan. Orang sakit akan cepat mendapatkan penanganan medis. Begitu juga yang sembuh, tetap mendapatkan perhatian.

Baca juga:  Kado HUT ke-31, JNE Raih Anugerah Radar Semarang

Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz mengaku, ide program Jemput Sakit Antar Sehat ini muncul dari sebuah pengalaman. Memang sudah banyak yang memberikan pelayanan penjemputan orang sakit menggunakan mobil ambulans. Namun di kala sehat tidak lagi diantar sampai ke rumah. Umumnya, pelayanan pengantaran hanya ketika pasien meninggal dalam masa perawatan di rumah sakit. Inilah yang mendorong lahirnya program Jemput Sakit Antar Sehat. Yang sehat juga mendapat hak sama, diantar sampai ke rumah dengan selamat.

“Biasanya orang sakit dijemput saja, kalau sudah sehat nggak ada pengantaran, harus cari transportasi sendiri,” ujarnya.

Sejak menjabat wali kota, ide itu langsung ditangkap oleh para ASN Pemkot Magelang, terutama di Dinas Kesehatan (Dinkes). Layanan ini dikolaborasikan dengan PSC 119 Kota Magelang. “Ide hanya tinggal ide, tapi karena para birokrat, program ini bisa terwujud,” ungkapnnya.

Baca juga:  Pengakuan Mucikari Selebgram TE, Sekali Praktik Bisa Dapat Fee Rp13 Juta

Dia ingin masyarakatnya merasa bahagia dengan pelayanan Jemput Sakit Antar Sehat. Pelayanan ini akan terus disempurnakan. Supaya dapat memenuhi semua kebutuhan yang diperlukan oleh pasien dan masyarakat pada umumnya. Dokter Aziz juga mengatakan, jika Kota Magelang sudah mencapai universal health coverage (UHC) 99,27 persen dari total penduduk per November. Artinya, hampir seluruh penduduk di Kota Magelang dapat merasakan pelayanan kesehatan secara gratis, karena terlindungi program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). (put/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya