LGBT Pride Month, Ini Tujuh Ikon LGBT di Dunia Musik Rock

390

JawaPos.com – Bulan Juni merupakan bulan komemoratif untuk kaum lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT). Peringatan ini secara tidak resmi ditetapkan sejak insiden ricuh antara penduduk sipil LGBT dengan aparat kepolisian di sebuah bar bernama Stonewall Inn di Greenwich Village, Manhattan, New York, Amerika Serikat pada tahun 1969 silam.

Peristiwa ini akhirnya memantik pergerakan LGBT di belahan bumi lain. Untuk mengenang kejadian tersebut, mereka menyebut bulan Juni sebagai LGBT pride month, atau yang secara harafiah berarti bulan kebanggaan para LGBT.

Meskipun keberadaan kaum LGBT relatif masih sulit diterima dan kerap mendapat diskriminasi, harus diakui bahwa sangat banyak dari mereka yang memberikan sumbangsih berharga untuk dunia dari berbagai bidang.

Dunia musik rock pun mencatat sederet nama tenar dan berpengaruh yang merupakan seorang LGBT. Semesta mengakui bahwa karya-karya yang mereka telurkan layak untuk didengarkan dan didendangkan sepanjang zaman tanpa harus memandang orientasi seksual mereka.

Berikut adalah nama-nama musisi LGBT yang layak disebut dan dikenang di LGBT pride month:

1. Freddie Mercury

Vokalis band rock legendaris Queen bernama asli Farrokh Bulsara ini mungkin adalah sosok LGBT paling agung di dunia musik. Status Freddie sebagai seorang gay dan biseksual adalah sebuah rahasia umum yang tak pernah luput dari pembahasan mengenai Queen. Kehidupan Freddie sebagai LGBT pernah digambarkan dengan sangat apik dan lugas oleh aktor Rami Malek di film biopik fenomenal Bohemian Rhapsody.

2. Elton John

Pelantun Candle in The Wind 1997 ini tentunya juga merupakan sosok LGBT paling mencolok di dunia musik dengan gayanya yang sangat flamboyan. Meski pernah menikah dua kali dengan wanita, John akhirnya mengakui bahwa ia lebih nyaman menjadi seorang gay. Tahun 2014, John menikah dengan pasangannya setelah Inggris melegalkan pernikahan sesama jenis.