alexametrics

Perjalanan Awal Superdetektif Gotham, Mereka Ulang Batman dalam The Batman

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Gotham dihantui teror pada malam Halloween. Kandidat wali kota jagoan dibunuh. Orang-orang penting di kota tersebut hilang, lalu ditemukan tak bernyawa. Semuanya ditinggalkan dengan satu hal yang sama: teka-teki untuk Batman.

Petaka terulang di Gotham City. Menjelang pemilihan umum wali kota dan pada akhir pekan Halloween, tragedi sadis terjadi. Wali Kota petahana Don Mitchell Jr (Rupert Penry-Jones) meninggal karena pembunuhan di rumahnya. Tragedi itu terjadi pada pekan yang sama dengan pembunuhan orang tua Bruce Wayne atau Batman (Robert Pattinson), dua dekade lalu.

Setelah itu, satu per satu orang penting Gotham City meninggal. Jasad mereka sama seperti Mitchell: dibunuh sadis, lalu ditinggalkan dengan surat. Semuanya untuk Batman, dengan isi serupa. Yakni, teka-teki yang jawabannya mengarah ke target selanjutnya. Bersama James ’’Jim” Gordon (Jeffrey Wright), Batman melacak sosok pembunuh misterius Gotham. Penelusuran itu bermuara ke sebuah bar tersembunyi di sisi kumuh Gotham City.

Di sana, dia bertemu Selina Kyle (Zoe Kravitz), seorang penghibur dan pengedar narkoba yang kehilangan temannya. Annika (Hana Hzric), teman seapartemen sekaligus seprofesi Selina, hilang. Dia disandera Edward Nashton alias Riddler (Paul Dano), pelaku pembunuhan berantai Gotham. Selina menggunakan alter ego Catwoman, sosok vigilante sekaligus pelaku kriminal, buat menuntaskannya.

Setiap sutradara dan aktor utama Batman memiliki cara sendiri untuk menceritakan sosok manusia kelelawar itu. Tak bisa (dan tidak perlu) dibandingkan satu sama lain. Di The Batman, Matt Reeves dan Robert Pattinson menuturkan sosok vigilante Gotham itu sebagai tokoh detektif. Penceritaannya mirip dengan menyimak versi komiknya. Tidak ada dialog terlalu panjang atau adegan action yang megah.

Baca juga:  Mitos Kalang Obong Diangkat di Film

Dalam wawancara dengan Esquire, Reeves menyatakan, dirinya banyak terinspirasi komik Batman rilisan 1980-an. Salah satunya, Batman: Year One karya Frank Miller, David Mazzucchelli, dan Richmond Lewis. Dia juga banyak berpegang pada visual film era 1970-an seperti The French Connection dan Taxi Driver. Para kritikus beranggapan, film yang tayang mulai 2 Maret lalu itu condong ke film detektif noir yang gotik.

Namun, dia menegaskan, kunci The Batman ada pada sosok Pattinson. Reeves tertarik dengan akting sang aktor itu di Good Time, film besutan Safdie bersaudara. ’’Dia punya kemarahan dalam diri yang relevan dengan karakternya dan kesan berbahaya. Tapi, aku juga merasakan keputusasaannya,” ungkapnya sebagaimana dikutip Esquire. Meski sempat dicibir fans, Reeves tak menyesali keputusannya memilih Pattinson. ’’Lagi pula, tak ada pemeran Batman yang tak dikritik saat diumumkan,” tegasnya.

Rasa beda The Batman membuat film itu direspons beragam di laman Rotten Tomatoes. Dalam ulasan di ReelViews, kontributor James Berardinelli menilai The Batman sukses menentang arus film superhero yang berusaha menembus angkasa dan berkembang menjadi multiverse. ’’Film ini adalah ’granat’ yang siap meledakkan bioskop,” papar Peter Travers dalam ulasannya di ABC News. Namun, tak sedikit yang menilai, film itu tidak menawarkan sesuatu yang segar.

Baca juga:  Jin BTS Isi Soundtrack Drama Misteri Jirisan

’’Kenyataannya, tidak ada yang benar-benar baru dari cerita Batman sampai saat ini. Sekuat apa pun Reeves dan (co-writer Peter) Craig berusaha, mereka tak bisa mendapatkan ’sari’ dari sesuatu yang telah kering,” papar Richard Lawson dalam ulasannya di Vanity Fair. Kontributor New York Post Johnny Oleksinski pun menilai, durasi film yang nyaris tiga jam membuat cerita beberapa kali kehilangan fokus. (fam/c7/ayi)

TRIVIA

• Matt Reeves menceritakan, dirinya tidak menggunakan naskah Batman yang ditulis Ben Affleck karena berbeda vibe. Menurut dia, naskah versi Affleck punya porsi laga banyak dan bernuansa mirip James Bond.

• Ketika menyiapkan peran, Robert Pattinson berlatih jujitsu dengan Rigan Machado, yang juga melatih Robert Downey Jr dan Chris Evans. Dia juga mendapat nasihat dari sutradara trilogi Dark Knight Chronicles Christopher Nolan, yang juga membesut Tenet.

• Pattinson mendapat banyak komplain dari lawan mainnya. Sebab, dia sering mencuri kaus kaki. Pada hari terakhir syuting, ada 156 pasang kaus kaki di truk trailernya.

• Paul Dano adalah pilihan kedua untuk tokoh Riddler setelah Jonah Hill. Sama seperti Pattinson, dia banyak terinspirasi Kurt Cobain dan lagu-lagu Nirvana.

• Dano mengaku melakukan pendalaman peran dengan membaca hasil investigasi Zodiac Killer. Karena materi itu dinilai memengaruhi mentalnya, dia membaca rujukan tentang tokoh tersebut di kafe.

Baca juga:  Selamat Hari Pahlawan, Berikut Rekomendasi Film Bertema Perjuangan yang Wajib Ditonton

• Zoe Kravitz langsung menjadi pilihan pertama tim casting untuk memerankan Catwoman. Kravitz mengaku sempat ditolak ketika casting untuk peran di The Dark Knight Rises karena dinilai terlalu ’’kota’’.

• Selain berlatih fisik, Kravitz meluangkan waktu agar lebih dekat dengan kucing peliharaan tokohnya. Sebab, kucing-kucing itu sering menjauh saat dia mulai duduk.

• Di credits film, nama Barry Keoghan tertulis sebagai tahanan Arkham yang tak terlihat. Sutradara Reeves menyatakan, Keoghan memerankan Joker yang belum menjelma sepenuhnya sebagai Joker.

THE BATMAN

GENRE

Kriminal, action, superhero

DURASI

176 menit

RATING SENSOR

R 13+

SUTRADARA

Matt Reeves

PENULIS NASKAH

Matt Reeves, Peter Craig

PEMERAN

Robert Pattinson, Zoe Kravitz, Paul Dano, Jeffrey Wright

IMDb: 8,8/10

Rotten Tomatoes: 85%

CATATAN

Ada satu post credits yang amat singkat di akhir The Batman. Tapi, cuplikan itu tak masalah dilewatkan.

Situs yang dibuat Riddler dalam film benar-benar bisa diakses. Bila berhasil menjawab tiga teka-teki, fans bisa mengunggah file video (yang tentu saja masih digembok dengan sandi).

Warner Bros dan DC Comics dikabarkan sudah menyiapkan dua sekuel dan dua serial spinoff untuk HBO Max setelah produksi The Batman rampung.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya