alexametrics

Angkat Potret Pekalongan, Film Alang-Alang Rilis Tahun Depan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Kota Pekalongan akan menghiasi latar perfilman nasional. Melalui film Alang-Alang. Besutan rumah produksi Aksa Bumi Langit. Film yang mengangkat aktivitas di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan pesisir Kota Pekalongan ini, akan rilis pada kuartal II tahun 2022 di bioskop Indonesia. Juga akan diikutsertakan dalam Festival Film Internasional.

Film dari rumah produksi Aksa Bumi Langit ini, mengisahkan seorang anak bernama Huda yang terpaksa mencuri ikan di TPI untuk bertahan hidup. Huda memutuskan pergi karena tidak menemukan kenyamanan di rumahnya.

“Si anak itu tidak pernah merasa tenang ketika berada di rumah. Sehingga dia memilih untuk menemukan dunia yang lebih baik menurutnya, di pesisir dan TPI,” terang Khusnul Khitam, sutradara sekaligus penulis naskah film saat Road Tour film Alang-Alang di Verve Bistro & Coffe Bar, Kota Semarang.

Baca juga:  Hendi Fasilitasi Difabel Mendapatkan SIM D

Penggarapan film ini cukup singkat, hanya membutuhkan waktu 14 hari. Film ini juga menggandeng artis nasional seperti Annisa Putri Ayudya. Selain itu, film yang 80 persen lokasi syutingnya berada di pesisir Kota Pekalongan ini, juga menggunakan full bahasa Pekalongan.

“Mengapa namanya Alang-Alang? Karena di Pekalongan itu, Alang-Alang adalah sebutan untuk mereka yang suka mencuri ikan nelayan,” jelas Tatam- sapaan akrab Khusnul Khitam.

Sementara itu, Awang, putra lokal Kota Pekalongan yang berperan sebagai Huda di film Alang-Alang ini mengaku baru pertama kali bermain film. Ia tidak menyangka bisa menjadi aktor di film ini.

“Saya senang karena dapat saudara baru. Dari film ini juga saya sadar, kalau jadi orang tua itu jangan keras-keras sama anak sendiri,” ujar remaja yang juga bekerja di pabrik batik Pekalongan ini.

Baca juga:  Kota Semarang dan Grobogan Pertama Kemarau

Awang menceritakan, keikutsertaannya dalam produksi film ini bermula dari ayahnya yang tiba-tiba datang dan meminta foto. Kemudian, sore hari Awang diajak ke sebuah hotel. Di sana, ia diminta untuk berakting. Ketika pulang, Awang diberi naskah untuk dihafal.

“Dan besoknya ketemu lagi dengan tim. Akhirnya diputuskan bahwa saya diminta untuk memerankan Huda. Semoga film ini bisa sukses dan menjadi salah satu film lokal favorit di tahun 2022,” harapnya. (dev/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya