alexametrics

Selamat Hari Pahlawan, Berikut Rekomendasi Film Bertema Perjuangan yang Wajib Ditonton

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Pertempuran Surabaya yang terjadi tepatnya pada tanggal 10 November 1945 diperingati sebagai Hari Pahlawan di Indonesia. Terjadinya pertempuran besar antara Indonesia dengan Inggris ini dijadikan sebagai simbol dalam melakukan perlawanan terhadap penjajah.

Untuk itu, Hari Pahlawan dimaksudkan untuk mengenang jasa para pahlawan sekaligus dimaksudkan untuk mengambil karakter yang tercipta dari seorang pahlawan yakni bersifat jujur dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai rintangan.

Belajar mengenai sejarah perjuangan para pahlawan, berikut rekomendasi film tantang penggambaran biografi sosok pahlawan Indonesia yang patut dijadikan sebagai teladan.

1. R.A Kartini

Raden Adjeng Kartini, merupakan pahlawan nasional asal Jepara, merupakan sosok yang menjadi inspirasi dalam memperjuangkan emansipasi perempuan. Film yang resmi dirilis pada tahun 2017, sekaligus sebagai adaptasi dari film R.A Kartini 1984 ini mengisahkan tentang kesetaraan pentingnya pendidikan bagi perempuan.

Baca juga:  Milenial Bisa Jadi Pahlawan

Selain itu, film ini juga menunjukkan perjuangan Kartini yang berusaha keras untuk memajukan perekonomian warga Kabupaten Jepara.dalam membuat kerajinan ukiran khas Jepara. Diperankan oleh Dian Sastrowardoyo, film ini berhasil masuk dalam kategori 10 besar film terlaris Indonesia ditahun 2017.

2. Jenderal Soedirman

Film yang resmi dirilis sepuluh hari setelah peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-70 tepatnya pada 27 Agustus 2015 ini merupakan salah satu film biopik Indonesia. Film Jendral Soedirman mengisahkan gerakan gerlya pahlawan Soedirman dalam menghadapi tentara Belanda sekaligus melawan penyakit paru-paru yang dideritanya.

Film yang dipernakan oleh Adipati Dolken sebagai pemeran utama ini juga menampilkan kecerdasan pahlwan Soedirman dalam membuat taktik melawan penjajahan. Film ini sangat direkomendasikan mengingat betapa pentingnya membangun strategi untuk memperoleh kemenangan.

Baca juga:  Hendi: Film Bisa Jadi Media untuk Mengenalkan Kebudayaan dan Potensi Semarang

3. Guru Bangsa Tjokroaminoto

Film yang diperankan oleh Reza Rahardian ini mengisahkan perjuangan pahlawan Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto yang merupakan sosok pemimpin organisisasi Sarekat Islam di Indonesia. Diceritakan pada film yang rilis pada tahun 2015 ini, bahwa Tjokroaminoto rela melepas status bangsawan yang dimiliki untuk menyetarakan hak dan martabat masyarakat dalam melawan rezim kolonial Belanda. Sifat rela berkorban ini patut ditiru bagi penonton yang telah digambarkan sebagai bentuk perjuangan dari seorang pahlawan.

4. Perburuan

Film yang diadaptasi dari novel karangan Pramoedya Ananta Toer ini resmi dirilis pada tahun 2019. Film yang diperankan Adipati Dolken sebagai Hardo pemimpin pasukan PETA (tentara Pembela Tanah Air) yang berusaha melawan Nippon Jepang.

Baca juga:  Hanya Pakai Satu Kamera, Kesulitan Menjiwai Karakter

Nilai lebih kisah pada film ini dibandingkan dengan film lain berada pada alur yang menceritakan adanya aksi penghianatan dari rekan seperjuangan Hardo. Alur yang terbilang cukup ringan juga ditampilkan pada film ini dengan menampilkan sisi yang berbeda terhadap menjelangnya Hari Kemerdekaan Indonesia. (*/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya