alexametrics

Bersiap ke Oscar, Film Yuni Sambangi Semarang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Film Yuni terpilih mewakili Indonesia di ajang Piala Oscar ke-94 pada 2022 mendatang. Film ini mengangkat masalah remaja perempuan di tengah stigma masyarakat tentang patriarki, seks, dunia kerja, serta pendidikan.

Karya sutradara Kamila Andini ini akan mewakili Indonesia di kategori The International Feature Film Award. Film yang bercerita tentang perjuangan gadis remaja bernama Yuni ini mendapat 14 nominasi di ajang Festival Film Indonesia 2021. Selain itu, juga telah diputar perdana dan memenangkan Platform Prize di Toronto International Film Festival (TIFF) 2021.

“Bagi saya, film ini tuh ingin memperlihatkan kepada masyarakat bahwa perempuan itu memiliki kebebasan. Termasuk kebebasan memilih sesuai kemauannya sendiri,” ungkap Boah Sartika pemeran Uum di film Yuni Selasa (19/10/2021).

Baca juga:  Jin BTS Isi Soundtrack Drama Misteri Jirisan

Bekerja sama dengan Fourcolours Film dan Starvision, Yuni diputar di Citra XXI Mal Ciputra, Kota Semarang Selasa (19/10/2021). Hadir dua pemeran film. Yaitu Vania Aurell sebagai Nis) dan Boah Sartika sebagai Uum. Film ini akan tayang serentak di bioskop seluruh Indonesia pada 9 Desember mendatang.

Film ini mengambil setting tempat Serang – Cilegon, Jawa Barat. Itu karena ingin menonjolkan wilayah pelosok serta sesuai dengan kehidupan masyarakat di sana. Uniknya, dalam film itu pula terdapat penggunaan bahasa khas. Yakni bahasa Jaseng (Jawa-Serang).

“Nah bahasa Jaseng itu belum tersorot sama media dan masyarakat Indonesia. Jadi, di film ini kami ingin mengeksplore dan memperkenalkan, ini loh ada bahasa Jaseng juga,” kata Vania setelah penayangan film. (dev/ton)

Baca juga:  Ini Alasan Series 'Euphoria' Menjadi Sorotan di Kalangan Milenial

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya