alexametrics

Selamat Hari Sumpah Pemuda, Berikut 3 Rekomendasi Film yang Dapat Membangkitkan Semangat Juang Generasi Muda

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Hari Sumpah Pemuda ke 93 diperingati pada Tanggal 28 Oktober 2021. Sumpah Pemuda merupakan sebuah tekad dan semangat para pemuda-pemudi Indonesia untuk menumbuhkan jiwa dan sikap nasionalisme pemuda pemudi serta untuk seluruh rakyat nusantara untuk melawan, menentang dan mengusir para penjajah.

Selain itu, energi yang tercipta melalui hari peringatan Sumpah Pemuda diharapkan dapat ditanamkan pada kehidupan sehari-hari. Sikap pantang menyerah salah satunya ditujukan melalui film sebagai media komunikasi untuk kembali membangkitkan semangat bagi pemuda Indonesia, sehingga sangat cocok sekali disaksikan pada momentum hari Sumpah Pemuda.

Untuk itu, berikut 3 rekomendasi Film yang Dapat Disaksikan Untuk Membangkitkan Semangat Juang Generasi Muda:

Baca juga:  Ragam Budaya Indonesia Warnai Peringatan Sumpah Pemuda Jateng

1. Rudie Habibie

Film yang dirilis pada tahun 2016 ini diangkat dari kisah biografi sosok yang dikenal sebagai inspirator kaum muda sekaligus Presiden ketiga Negara Republik Indonesia yakni B.J. Habibie. Film ini menceritakan tentang masa pendidikan B.J. Habibie di bangku perkuliahan untuk mempelajari ilmu konstruksi pesawat terbang di Universitas RWTH Aachen, Jerman. Selain mengisahkan perjuangan dalam menempuh ilmu sekaligus menggambarkan adaptasi bertempat tinggal di negeri orang, penonton juga dibawa untuk mengetahui kisah cinta romansa yang dilalui oleh Rudy. Diperankan oleh Reza Rahardian, film ini berhasil menyabet penghargaan sebagai pemenang di Asia Pasific Film Festival sebagai Aktor Terbaik.

2. 3 Srikandi

Diangkat dari kisah nyata pula, film 3 Srikandi mengisahkan tiga atlet panahan wanita Indonesia yang berhasil meraih medali pertama pada Olimpiade Seoul 1988. Persiapan mengenai dekatnya hari perlombaan hingga kesulitan dalam mencari pelatih memanah ditayangkan pada film ini. Tiga atlet wanita yang diperankan oleh Bunga Citra Lestari, Chelsea Islan dan Tara Basro digambarkan sebagai sosok yang terus maju dalam menghadapi segala rintangan yang ada untuk meraih kesuksesan. Bagaikan peribahasa hasil tidak akan menghianati usaha merupakan penggambaran yang tepat pada film ini sehingga cocok sekali disaksikan khususnya bagi kaum muda Indonesia.

Baca juga:  Daftar Film yang Rilis Bulan September 2022 Lengkap dengan Sinopsisnya

3. Rumah Merah Putih

Bercerita mengenai kehidupan masyarakat yang bertempat tinggal dengan perbatasan Negara Tetangga yakni Timor Leste, film ini menghadirkan alur tersendiri yang jarang tersorot melalui media publik. Pembawaan alur cerita yang ringan pada beberapa adegan seperti perjuangan dalam mencari cat berwarna Merah dan Putih, film ini juga cocok disaksikan bersama keluarga. Lokasi syuting pada film ini juga mayoritas dilakukan di Pulau Nusa Tenggara Timur, sehingga suasana yang tergambarkan sorot makna akan budaya daerah setempat. Selain dibintangi oleg atris terkenal Pevita Pearce, putra putri daerah yakni Petrick Rumlaklak dan Amori De Purivicacai membuat adegan terlihat begitu natural seakan pemirsa dibawa langsung pada situasi daerah Indonesia Timur dengan nuansa yang berbeda. (*/bas)

Baca juga:  Perankan Ayu di Film KKN di Desa Penari, Ini Sosok Artis Asal Semarang Aghniny Haque

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya