alexametrics

Tokoh Penting di Balik Lahirnya Sumpah Pemuda, Ada Nama Kakek Dian Sastro

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tahunnya pada tanggal 28 Oktober. Peringatan ini dirayakan untuk mengenang jasa dan semangat para pemuda demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Dibawah ini adalah beberapa nama tokoh yang turut menjadi pelopor Sumpah Pemuda, yuk disimak!

1. Amir Syarifuddin Harahap
Amir Syarifuddin Harahap adalah seorang politikus Partindo, Gerindo dan mantan Perdana Menteri Republik Indonesia. Beliau berasal dari Jong Batak yakni pemuda dari Batak. Selain itu beliau turut aktif menyumbangkan pemikirannya dalam perumusan naskah Sumpah Pemuda. Amir Syarifuddin Harahap bertugas sebagai bendahara Kongres Pemuda Indonesia.

2. Moehammad Yamin
Moehammad Yamin berasal dari Jong Sumatranen Bond yakni pemuda dari Sumatera. Beliau merupakan pencetus kongres pemuda sekaligus menjabat sebagai sekretaris pada saat Kongres Pemuda Indonesia. Moehammad Yamin berpartisipasi dalam merumuskan isi teks Sumpah Pemuda dan mengusulkan dijadikannya Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Baca juga:  Bupati Dico: Pemuda Bangkit, Ekonomi Tumbuh

3. Sarmidi Mangoensarkoro
Sarmidi Mangoensarkoro merupakan pejuang yang bergerak di bidang pendidikan. Beliau turut andil sebagai pembicara pada Kongres Pemuda dan juga menyampaikan pidato terkait Pendidikan Nasional. Dalam pidatonya Sarmidi mengemukakan bahwa anak harus mendapatkan pendidikan kebangsaan dan dididik secara demokratis. Tidak hanya hal itu, antara pendidikan di sekolah dan di rumah juga harus seimbang.

4. Soenario Sastrowardoyo
Soenario Sastrowardoyo merupakan salah satu tokoh Indonesia pada masa pergerakan kemerdekaan Indonesia dan sempat menjabat sebagai pengurus Perhimpunan Indonesia di Belanda. Dalam kongres pemuda beliau turut andil memberikan pidato dengan tema pergerakan Pemuda dan Persatuan Indonesia. Soenario Sastrowardoyo juga merupakan kakek dari aktris kenamaan di Indonesia yaitu Dian Sastrowardoyo.  (*/bas)

Baca juga:  Simpang Lima Mulai Bersih dari Reklame

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya