alexametrics

Pengertian, Keunggulan dan Fitur- Fitur Program Akuntansi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Bagi Anda mahasiswa baru jurusan akuntansi harus paham dengan materi-materi penting pada perkuliahan. Materi tersebut didapat dari program akuntansi. Program akuntansi tidak hanya dipelajari oleh mahasiswa jurusan akuntansi namun juga karyawan perusahaan yang berkecimpung dalam dunia akuntansi.

Apa itu Program Akuntansi?

Accounting software atau program akuntansi adalah sebuah program yang dirancang secara khusus untuk pengelolaan dan pencatatan transaksi usaha. Program akuntansi sengaja dibuat untuk memudahkan pekerjaan para akuntan.

Secara garis besar sangat banyak pekerjaan akuntan dalam sebuah perusahaan mulai dari pembelian, penjualan, laporan hutang piutang, mengaudit laporan untung dan laba rugi, pencatatan transaksi hingga merekap anggaran perusahaan seperti sisa anggaran, memangkas anggaran yang tak perlu hingga mengalokasikan anggaran.

Semua pekerjaan tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama dan sangat tidak efisien saat dilakukan secara manual. Untuk itu program akuntansi hadir memberi berbagai fitur program yang dapat dilakukan untuk memudahkan pekerjaan para akuntan.

Akuntan tidak perlu melakukan pekerjaan secara manual cukup menginput ke sistem dan sistem akan membaca data yang di input dan merekap data-data yang diperlukan akuntan.

Berbagai Keunggulan dalam Menggunakan Program Akuntansi

Software akuntan sengaja dibuat untuk mempermudah pekerjaan dalam lingkungan perusahaan. Supaya perusahaan bisa lebih produktif dan cepat dalam mengaudit berbagai masalah keuangan. Sudah banyak perusahaan yang beralih menggunakan program akuntansi ketimbang melakukan pekerjaan akuntansi secara manual. Lantas apa saja yang didapatkan dari program akuntansi?

Ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan program akuntansi diantaranya adalah :

  1. Keamanan Data Lebih Terjamin

Ketika bekerja di perusahaan, dan mengurusi berbagai jenis data mulai dari rekap data penjualan, transaksi, karyawan hingga data lainnya. Tentu membutuhkan keamanan prima dalam menjaga setiap data supaya tidak tersebar ke publik. Hal ini membuat Anda harus ekstra hati-hati dalam menjaganya.

Baca juga:  Pemasaran Online Lebih Efektif

Tapi jika menggunakan program akuntansi akan lebih terjamin keamanan data Anda. Sebab seluruh data yang ada pada file akan tersimpan ke dalam file server. Selain itu saat sudah menyimpan data-data penting menggunakan accounting software memberi kenyamanan ekstra dimana sistem akan meminta Anda membuat kode akses tersendiri sebagai double privacy.

  1. Lebih Efisien dan Menghemat Biaya

Penggunaan bantuan sistem dalam pekerjaan perusahaan Anda akan membuat lebih efisien. Anda juga akan sangat terbantu dalam pengurusan rekruitmen staf  perusahaan dimana tidak membutuhkan banyak orang untuk mengelola data perusahaan. Cukup menggunakan program akuntansi pekerjaan rumit seputar akuntansi akan beres dengan cepat.

Tentunya pengeluaran akan lebih irit, tidak perlu menggaji pegawai lagi. Jika biasanya perusahaan bisa membutuhkan 3 atau lebih pegawai untuk membantu penyelesaian masalah akuntansi. Kali ini cukup sistem saja yang bekerja dan perusahaan juga tidak akan terbebani harus menggaji banyak pegawai.

  1. Dapat Meningkatkan Produktivitas Akuntan

Biasanya saat melakukan audit data, akan memerlukan buku yang bertumpuk-tumpuk apalagi jika data yang diaudit dalam jumlah besar. Namun pekerjaan tersebut tidak lagi akan Anda temukan ketika menggunakan program akuntansi.

Para akuntansi akan lebih mudah dalam melakukan audit data. Dimana sistem saja yang akan bekerja secara otomatis. Tenaga para akuntan tidak akan terkuras banyak, dan bisa dialihkan pada pekerjaan yang lain. Otomatis hal ini juga dapat meningkatkan produktivitas akuntan, dimana pekerjaan menjadi lebih cepat teratasi dan akan berdampak baik bagi perkembangan perusahaan.

  1. Meminimalisir Kesalahan Audit Data

Saat bekerja dengan melibatkan sistem yang sudah didesain sedemikian rupa. Diri Anda tak perlu khawatir akan terjadi kesalahan dalam audit data. Sebab sistem mampu menghitung dan mengkalkulasi data dengan akurat dibanding manusia.

Baca juga:  Menko Airlangga Target Akselerasi Vaksinasi 1 Juta Per Hari

Biasanya karyawan bisa saja melakukan kesalahan kecil yang berimbas pada salahnya perhitungan. Tapi dengan menggunakan sistem program akuntansi akan meminimalisir kesalahan yang tak perlu dan memastikan data Anda sudah akurat.

  1. Bisnis Menjadi Lebih Mudah

Software akuntansi yang bekerja menghandle masalah akuntansi perusahaan. Pasti akan memudahkan pekerjaan perusahaan, dengan begitu perusahaan akan lebih efisien dalam waktu, dan tenaga.

Misalnya saat mengaudit data nasabah secara manual akan membutuhkan ketelitian yang cukup mendalam. Tapi saat menggunakan sistem program akuntansi para pegawai cukup memeriksa berjalannya sistem secara lancar. Sehingga selain menekan budget perusahaan, perusahaan juga bisa mengalokasikan pegawai ke masalah lainnya

Hal ini membuat penyerapan peningkatan produktivitas perusahaan menjadi lebih maksimal. Serta suasana dan kinerja yang efisien akan berakhir pada membaiknya progres dan berdampak positif bagi perusahaan.

Fitur-Fitur yang Wajib dimiliki dalam Memilih Program Akuntansi

Saat perusahaan sudah yakin akan memakai software akuntansi dalam lingkungan kerja. Maka ada baiknya untuk memilih fitur paling dibutuhkan perusahaan. Untuk itu Anda harus mengenal beberapa fitur yang ada pada program akuntansi diantaranya adalah :

  1. Fitur Laporan Keuangan

Ini adalah fitur paling penting dalam program akuntansi. Ada beberapa menu yang sangat dibutuhkan pada fitur laporan keuangan seperti laporan laba rugi, perubahan modal, laporan buku besar, arus kas dan lain sebagainya. Fitur laporan keuangan berfungsi untuk menganalisis dan mengaudit berbagai data yang memuat seputar masalah keuangan.

  1. Manajemen Utang Piutang

Jikalau perusahaan yang Anda bangun masih berada pada sistem keuangan yang tidak stabil maka mencoba memilih program akuntansi dengan fitur manajemen utang piutang akan sangat penting. Fitur ini dapat menghandle dan membuat laporan utang dari supplier maupun pelanggan. Selain itu keunggulan lain dari fitur ini adalah kemudahan untuk menambah dan melihat waktu jatuh tempo kapan utang harus dibayar.

  1. Fitur Budgeting
Baca juga:  Difabel Diajak Berbisnis di Platform Digital

Dengan memilih fitur ini beberapa kemudahan yang didapatkan seperti kalkulasi anggaran bersisa dan tak bersisa disesuaikan sesuai fluktuasi bisnis Anda. Melalui fitur ini Anda juga bisa melakukan rekap budgeting lebih mudah sehingga perencanaan anggaran lebih terjamin dan terencana.

  1. Fitur Financial Forecasting

Program Akuntansi juga menyediakan fitur financial forecasting, fitur ini dibuat untuk memudahkan Anda dalam mengontrol keuangan supaya lebih tertata. Selain itu fitur ini berfungsi memanajemen dan menghilangkan anggaran yang tidak perlu dan bisa dialokasikan pada keperluan lain.

  1. Fitur Purchasing

Fitur Purchasing memiliki manfaat membantu kinerja perusahaan pada masalah status dan laporan transaksi seperti pelunasan pembelian, pembelian yang jatuh tempo, pembuatan faktur maupun masalah lainnya. Saat Anda ingin melakukan pengiriman supplier produk,  pembelian dan pengembalian barang yang telah dibeli juga bisa dilakukan melalui fitur purchasing.

Setelah melihat berbagai jenis fitur dari program akuntansi di atas. Mungkin memilih software akuntansi yang memiliki kualitas dan terjamin menjadi kebingungan tersendiri. Tapi sekarang sudah ada aplikasi akuntansi online yang bisa melakukan berbagai keperluan accounting software. Salah satu yang terpercaya yaitu

Mekari.com adalah aplikasi online yang membantu menyelesaikan berbagai permasalahan dalam akuntansi. Aplikasi Mekari.com memiliki fitur berkualitas dengan tingkat akurasi yang tinggi dan dapat mengefisienkan waktu Anda melakukan pekerjaan perusahaan. Mekari.com telah melayani 20 ribu lebih bisnis yang bergerak pada berbagai bidang di Indonesia. (web/ap)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya