alexametrics

Manfaatkan Teknologi, BukuWarung Dukung Bisnis UMKM di Indonesia

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Di zaman yang serba modern dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti sekarang ini, manusia dituntut untuk serba digital. Era digital telah mengubah seluruh aspek kehidupan salah satunya dalam bidang ekonomi seperti usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Adanya virus pandemi Covid-19 yang menyebar dengan cepat ke berbagai negara salah satunya Indonesia mendorong pemerintah untuk melakukan kebijakan untuk menangani virus ini. Beberapa kebijakan yang dikeluarkan pemerintah yaitu pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Hal ini kemudian berdampak pada perubahan sosial masyarakat yang banyak memanfaatkan teknologi untuk berinteraksi.

Pandemi Covid 19 juga menghambat perekonomian di Indonesia salah satunya dalam sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menangah (UMKM). Oleh karena itu, aplikasi BukuWarung hadir untuk membantu UMKM yang berfokus pada pemberdayaan dan memberikan solusi dengan berbagai layanan yang mencakup pengelolaan transaksi penjualan.

Baca juga:  Ini Tiga Rekomendasi Penting untuk Capai Ketahanan Air Nasional di 2021

“Misi kami memang ingin memberdayakan 60 juta usaha mikro di Indonesia,” ungkap Maisha D Ardani salah satu tim BukuWarung kepada Jawa Pos Radar Semarang (24/01/2022).

Aplikasi BukuWarung mampu memudahkan para pelaku usaha dalam sekala kecil maupun besar. Wujud dari kelebihan aplikasi BukuWarung adalah dapat menghandel seluruh keuangan bagi para pengusaha UMKM dan juga memudahkan dalam melakukan transaksi.

Di sisi lain, BukuWarung juga membuka  pinjaman untuk modal usaha hingga Rp 50 juta, dengan biaya admin rendah mulai dari 2,5% dengan proses pengajuan yang mudah dan tanpa agunan.

“Sangat membantu yang modalnya pas-pasan. Pengajuannya simpel dan gak ribet. Terbantu banget dengan pinjaman solusi modal usaha ini,” ujar Muhaemin, salah satu pemilik toko kelontong.

Baca juga:  Berharap Muncul Pembatik Handal

Keunggulan lainnya yang dapat dirasakan saat mengunakan BukuWarung ini bisa digunakan untuk membuat laporan keungan secara otomatis. “Memang aplikasi BukuWarung dapat memudahkan pelaku usaha UMKM untuk membuat laporan keuangan, dengan dilengkapi adanya sistem serta database yang saling terhubung. Sehingga dapat menghasilkan laporan yang akurat dan detail dalam waktu singkat,” tambah salah satu tim BukuWarung lainnya, Gusti. (mg7/mg8/mg9/mg10/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya