alexametrics

Penyaluran Kredit Wibawa Tembus Rp 16 Miliar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang Penyaluran Kredit Wibawa dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang tembus di angka Rp 16 miliar. Perumda BPR Bank Pasar Kota Semarang sebagai menyalur mencatat 2.200 pelaku usaha yang menjadi nasabahnya.

“Sampai saat ini sudah ada 2.200 nasabah khusus Kredit Wibawa. Selain itu ada 10 koperasi. Kami hanya sebagai penyalur kredit, pengajuannya melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang,” kata Direktur Utama Perumda BPR Bank Pasar Kota Semarang Agus Puji Kusumanto kemarin.

Agus menjelaskan, platform yang diberikan hanya memiliki bunga 0,3 persen pertahun dengan pinjaman mulai Rp 5 juta tanpa jaminan, sampai maksimal Rp 50 juta dengan jaminan. Kredit Wibawa diperuntukkan bagi warga Semarang yang memiliki usaha.

Baca juga:  Jateng Masih Kekurangan 4.775 Guru

“Total sudah Rp 16 miliar dana kredit yang tersalurkan dari 2017 sampai sekarang. Dari jumlah nasabah ini mayoritas lebih ke usaha mikro. Karena memang sasarannya Pemkot kesana untuk menggerakkan usaha dan perekonomian warga,” jelasnya.

Ia menjelaskan, serapan kredit khusus pelaku UMKM bukan hanya dari Kredit Wibawa. Bank Pasar juga memiliki program kredit yang menyasar pedagang pasar dan pelaku usaha kecil agar tidak terjerat praktik kredit yang merugikan, misalnya lintah darat ataupun bank titil.

“Kami saat ini memiliki dua kantor kas baru yang sudah beroperasi, yakni di Pasar Pedurungan dan Bulu. Untuk penyaluran kredit targetnya di angka Rp 58 miliar, saat ini sudah mencapai Rp 57 miliar,” tuturnya.

Baca juga:  Konektivitas untuk Saling Mendukung Dinilai Penting dalam Kegiatan Digitalisasi Pendidikan

Meskipun sempat diterpa pandemi Covid-19, target aset yang dicananangkan pada tahun ini sudah terlampaui. Ia menyebut target aset yang dicanangkan Rp 70 miliar, namun realiasi sampai Oktober sudah Rp 75 miliar. “Kami yakin, Desember ini aset bisa naik di angka Rp 78 miliar,” pungkasnya. (den/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya