Investor Pasar Modal dari Milenial Meningkat 50 Persen

237
INVESTASI - Kepala BEI Semarang Fanny Rifqi, saat memberikan pejelasan peluang investasi pasar modal di Jawa Tengah yang didominasi kalangan mmilineal. (tya)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Investor pasar modal yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan Semarang, masih didominasi oleh pengusaha, karyawan swasta, dan mahasiswa. Peningkatan investor terbesar dari kalangan mahasiswa atau milenial yang meningkat hingga 50 persen.

“Peningkatan investor di kalangan mahasiswa ini terjadi, BEI kini hadir di kampus-kampus di Kota Semarang dan kota-kota lain. Akibatnya investor kini banyak didominasi anak muda dari usia 18 – 25 tahun,” jelas Kepala BEI Semarang Fanny Rifqi, di kantornya Selasa (17/12) kemarin.

Tahun ini BEI Semarang menargetkan investor yang berinvestasi di pasar modal pada 2020 mencapai 25.000 – 30.000 investor. Angka itu naik dari target 2018 sekitar 7.000 investor dan 2019 meningkat mencapai 15.000 investor.

Guna mengairahkan pasar modal di Jawa Tengah PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Semarang mulai membidik investor baru dari kalangan pegawai negeri sipil (PNS) di Jawa Tengah lewat kerja sama dengan pemerintah daerah setempat. Ini di kalangan PNS yang berinvestasi di pasar modal masih sangat sedikit dibandingkan dengan investor dari pengusaha, karyawan swasta maupun mahasiswa.

“Ke depan kami akan melakukan diversifikasi jadi investor kalau bisa dari sisi PNS, masyarakat umum dan ibu rumah tangga. Guna mengakomodir kalangan PNS untuk berinvestasi, kami akan segera membuka galeri investasi di kantor-kantor pemerintah kabupaten/kota di Jateng agar PNS tahu adanya peluang investasi yang aman di pasar modal,” ujar Fanny.

Keinginan BEI Semarang untu membuka galeri investasi di kantor pemerintahan mendapat sambutan baik dari pemerintah. Kabupaten Demak akan dibuka bulan Februari dan Kota Semarang di bulan April 2020. Selain itu juga kota-kota lainnya, mengingat peluang investasi pasar modal masih terbuka,” jelasnya. (tya/ap)