alexametrics


Tempatkan ATM Beras di MAJT, Satu Orang Mendapat 10 Kg Sebulan

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, SemarangBank Mandiri Syariah (BSM) bersama Laznas BSM meluncurkan anjungan tunai mandiri (ATM) beras gratis bagi masyararakat kurang mampu dan terdampak Covid-19. Mesin ATM beras gratis ini ditempatkan di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Rabu (13/1/2021).

Regional CEO BSM RO V Semarang, Iman Himawan Ridwan menuturkan, sebelumnya ATM Beras sudah diluncurkan di Cilegon, Batam, Lombok dan kali ini di Kota Semarang. Total ada empat ATM Beras di seluruh Indonesia. Ke depan ditargetkan 35 ATM Beras tersebar di seluruh Indonesia. Sementara itu, MAJT dipilih karena selain sebagai tempat ibadah, aktivitas spiritual sekaligus menjadi pusat perkonomian.

“ATM Beras Mandiri Syariah mempunyai kapasitas 240 kilogram dengan dana subsidi beras Rp 62.400.000. Dana ini berasal dari zakat pegawai, zakat perusahaan dan zakat masyarakat melalui Lembaga Amil Zakat BSM.” bebernya.

Iman menerangkan, mustahik yang sudah terdaftar di LAZ MAJT dapat mengambil beras di ATM Beras ini hanya dengan menggunakan kartu ATM Beras. Satu orang musthaik akan mendapatkan 10 kilogram beras dalam sebulan.

“Program ini menjadi implenatasi Sustainable Finance Mandiri Syariah dalam mempermudah penyaluran beras. Juga bisa dijadukan program mengajak masyarakat berdonasi bagi mereka yang kurang mampu,” tambahnya.

BSM kata dia, juga berkerja sama dengan masjid di Jawa Tengah untuk memudahkan masyarakat berdonasi, zakat dan lainnya dengan metode non tunai Qris. Tahun lalu tercatat laba BSM mencapai Rp 1,275 triliun, sementara total zakat yang diberikan Rp 44 miliar.

Sekretaris Pengurus Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) KH Muhyiddin menjelaskan, ATM beras ini ditujukan kepada karyawan MAJT dan masyarakat sekitar yang kurang mampu.

“Misalnya mereka yang bekerja membersihkan MAJT, masyarakat sekitar dan binaan dari Lazima, pandemi ini memang luar biasa. Banyak orang-orang di sekitar kita terdampak, usaha ini tentu sedikit meringankan,” tambahnya. (den/zal)

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer