Keperawatan Unissula Kenalkan Bit Terapi Kanker

270
BERBAGI ILMU: Kegiatan pengabdian masyarakat oleh tim dosen Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula di area ruang tunggu keluarga pada ruang rawat onkologi (Darussalam). ISTIMEWA
BERBAGI ILMU: Kegiatan pengabdian masyarakat oleh tim dosen Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula di area ruang tunggu keluarga pada ruang rawat onkologi (Darussalam). ISTIMEWA

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Tim dosen Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung Semarang yaitu Fitria Endah Janitra, Kurnia Wijayanti, dan Indah Sri Wahyuningsih membuat program BESTCARE (Breast Cancer and Palliative Care). Di bawah naungan Kemenristekdikti yang bermitra dengan Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang melakukan kegiatan  pengabdian masyarakat tentang dukungan keluarga pada pasien kanker, salah satunya dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi.

Kegiatan ini dilaksanakan per Februari 2019 hingga saat ini di area ruang tunggu keluarga pada ruang rawat onkologi (Darussalam) yang dihadiri oleh 26 orang dari keluarga pasien kanker. Rangkaian kegiatan dimulai dengan pemaparan materi tentang pentingnya nutrisi pada pasien kanker, manfaat dan proses pembuatan jus buah bit.

Buah bit mengandung vitamin A, B, dan C dengan kadar air yang tinggi. Selain vitamin, umbi bit juga mengandung karbohidrat, protein, dan lemak yang berguna untuk kesehatan tubuh. Mineral lainnya juga terkandung dalam umbi bit seperti zat besi, kalsium dan fosfor. Setelah dilakukan pemaparan materi, keluarga dapat meningkatkan pengetahuannya sekitar 70 persen, dan mampu mempraktekkan cara membuat jus buah bit. Pemberdayaan keluarga dalam peningkatan nutrisi untuk pasien kanker sebagai wujud kemampuan usaha yang efektif dalam meningkatkan kadar Haemoglobin (HB).

“Kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik bekerja sama dengan pihak Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang sebagai mitra dan dukungan penuh dari Kemenristekdikti yang merupakan bagian dari hibah pengabdian masyarakat pada tahun 2019,” ujar Kepala ruang Darussalam Putri Novyana Sari, AmdKep.