alexametrics


Lapas Kedungpane Overload, Kapasitas 663 Sudah Dihuni 1.755 Orang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang atau Lapas Kedungpane sudah sangat overload atau over capacity. Kapasitas 663 orang, dihuni 1.755 orang. Antisipasinya dengan membuat tempat tidur bertingkat tiga.

“Overload-nya hampir 150 persen. Karena itu, dalam satu rangkaian tempat tidur, kami buat tiga tingkatan. Yaitu bawah, tengah, dan atas,” kata Kepala Lapas Kelas I Semarang Supriyanto kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Sebelumnya, Kementerian Hukum dan HAM Jateng sudah mencanangkan pembangunan rutan baru yang berkapasitas 520 orang di tempat yang sebelumnya merupakan Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan). Rupbasan ini dialihfungsikan menjadi rutan.

Kepala Administrasi Kemenkumham Jateng Jusman Ali menjelaskan, berbagai tahap sudah dilakukan. Termasuk review Detail Engineering Design (DED) hingga tanda tangan kontrak dengan pelaksana kontruksi.

Menurutnya, pembangunan Lapas memiliki strandar khusus, yaitu standar keamanan yang tinggi. “Karena merupakan cagar budaya, tidak bisa dilakukan banyak perubahan. Hanya saja, tingkat keamanan dalam pembangunan tetap terpenuhi tanpa mengubah heritage,” terang Jusman.

Selain itu, lapas juga melakukan terobosan baru dalam mengantisipasi penyelamatan ketika ada bencana. Yaitu dengan memperbaiki sistem penguncian. Tadinya kunci berpusat di ruang komandan, akan dibagi menjadi tiga titik.

“Antisipasi sistem penguncian. Rencana kami buatkan 3 boks kunci. Jika terjadi sesuatu yang darurat, kami bisa memecahkan pecahkan boksnya, mencari yang terdekat dengan lokasi,” jelas Supriyanto. (cr9/ida) 

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya