alexametrics


Tiga Robot Diharapkan Bisa Percepat Pelayanan Publik

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, SemarangTiga robot buatan Universitas Diponegoro (Undip) dihibahkan kepada Pemerintah Kota Semarang. Terdiri dari robot pelayanan publik, robot layanan kesehatan, serta robot penjernih udara teknologi plasma (Zeta Green).

Penyerahan robot langsung dilakukan Rektor Undip Yos Johan Utama kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi Senin (10/5/2021). Tiga robot ini akan langsung digunakan sebagai pelayan masyarakat di lingkup Pemkot Semarang.

“Ini adalah pengembangan prototype robot wisuda dan merupakam generasi ketiga. Undip yang ada di Semarang tentu tidak akan meninggalkan Kota Semarang, sehingga wajib untuk mendukung Pemkot Semarang mewujudkan pelayanan yang lebih baik,” kata Yos Johan.

Tidak menutup kemungkinan jumlah robot yang akan dihibahkan ke Pemkot Semarang bertambah. Ia menyebut robot zeta green lisensinya sudah fabrikasi.

“Saya sampaikan penjernih udara ini juga sudah mendapatkan lisensi dari pabrikan. Sehingga bisa dibeli secara umum. Saya juga menggunakan sendiri di rumah dan hasilnya sangat aman dan nyaman,” ujarnya.

Ketua Pusat Unggulan IPTEK Teknologi Kesehatan CBIOM3S Undip Semarang Dr Rifky Ismail ST MT mengatakan, robot itu tak menutup kemungkinan dijual untuk masyarakat umum untuk keperluan tertentu. “Harganya berkisar Rp 50 – 60 Juta,” beber Risky.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, hibah robot ini bisa mempercepat pelayanan publik di jajaran Pemerintah Kota Semarang. Apalagi saat ini masih pandemi Covid-19. “Adanya robot ini, bisa mencegah penularan dan meminimalisir kontak fisik,” tambahnya.

Rencananya satu robot pelayanan publik akan di tempatkan di lobi kantor wali kota. Kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), tempat di mana banyak orang mengajukan izin.

“Sedangkan Robot Layanan Kesehatan akan di tempatkan di Rumah Sakit Wongsonegoro Kota Semarang untuk mendukung pelayanan kesehatan,” terangnya. (den/zal)

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer