alexametrics

Optimistis Perekonomian Semarang akan Segera Bangkit

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memimpin upacara peringatan hari jadi ke-474 Kota Semarang, Minggu (2/5/2021) pagi. Perayaan dilakukan secara serderhana di halaman balai kota. Hadir jajaran Forkopimda, perwakilan dari organisasi perangkat daerah (OPD), serta sejumlah eleman masyarakat dan tamu undangan. Di lokasi acara disemarakkan ratusan karangan bunga ucapan dari kelurahan, LPMK, kecamatan, OPD, sekolah, perusahaan swasta, dan lainnya.

Wali Kota Hendrar Prihadi menjelaskan, peringatan HUT ke-474 Kota Semarang adalah kali kedua diselenggarakan di bulan suci Ramadan, serta saat pandemi Covid-19. “Ini ada benang merahnya, ada kata mendalam, yakni terkait perjuangan melawan pandemi Covid-19 yang belum usai,” kata Hendi saat memberikan sambutan, Minggu (2/5/2021).

Politisi PDI-Perjuangan ini meminta agar masyarakat juga harus bisa memahami HUT kali ini dengan semangat berjuang melawan pandemi. Dirinya menyebut jika usia ke-474 adalah usia yang luar biasa dalam perjalanan sebuah kota. Untuk itu, tahun ini tema yang diangkat adalah Bersama Kita Perangi Covid-19 Untuk Semarang Semakin Hebat.

“Kita perangi bersama sebagai wujud perjuangan untuk perang terhadap virus yang setahun terakhir sudah menyerang. Nah meski ada vaksin yang jumlahnya 360 ribu warga sudah tervaksin, protokol kesehatan tetap menjadi kunci, dan perjuangan kita belum berakhir,” ujarnya.

Kehidupan dalam era new normal, lanjut Hendi, semua elemen masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan. Karena memang virus belum musnah dari Kota Semarang. Selain itu, jika pola hidup new normal bukan tidak mungkin sisi perekonomian akan mengalami peningkatan.

“Kita belajar dari sejarah, di mana Bung Karno dan Bung Hatta bisa memerdekakan bangsa ini. Nah itu titik awal membangun bangsa, kita ingin mengajak masyarakat belajar agar bersama-sama optimistis membuat Semarang Semakin Hebat,” tandasnya.

Terkait penurunan pertumbuhan ekonomi, Hendi mengaku memang ada penurunan sebesar minus 1,16 persen. Namun pihaknya optimistis, perekonomian di Kota Semarang akan segera bangkit kembali.

“Saya rasa di seluruh dunia maupun di Semarang ini memiliki pertumbuhan ekonomi yang minus, dan kita minus 1,16 persen, belum lama ini kita bertemu dengan pimpinan Kanwil Bank Indonesia, dan mereka mengatakan jika ekonomi di Semarang saat ini sudah mulai naik, tapi memang belum seperti kondisi normal sebelum covid,” jelasnya.

Hendi optimistis, di hari jadi ke-474 Kota Semarang kali ini, ke depan kota ini kembali bangkit dengan kerja sama dari pemerintah dan masyarakatnya. Serta adanya optimisme untuk melalui pandemi saat ini. “Ada sebuah optimisme dalam perjalanan ke depan sepanjang masyarakat tetap waspada, dan tetap ketatkan prokes, bismillah ini semua akan bisa dilalui,” katanya optimistis.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi didampingi Wawali Hevearita Gunaryanti Rahayu menyerahkan bantuan kursi roda kepada difabel di sela upacara peringatan hari jadi ke-474 Kota Semarang. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

Pada tahun ini, lanjut dia, berbagai kemudahan dari segi pelayanan dilakukan Pemerintah Kota Semarang. Bantuan bagi masyarakat yang lahir sampai meninggal sudah diupayakan. Tahun ini pula, ada progam dari Dispenduk Capil untuk mempermudah kepengurusan kependudukan.

“Pengurusan akte, KK, bisa dilakukan di sebuah mesin seperti ATM. Kita juga ada tambahan 11 robot untuk ditempatkan di lobi, kantor DPMPTSP, RSWN (Rumah Sakit KRMT Wongso Negoro) agar memudahkan masyarakat,” ujarnya.

Dalam perayaan HUT Kota Semarang kemarin, juga dilakukan penandatanganan MoU antara Lazisnu dan Pemkot Semarang, penyerahan mobil ambulans dari Lazisnu ke pemkot, penyerahan mushaf Alquran kepada wali kota, bantuan alat untuk difabel, serta penyerahan hadiah kepada pemenang lomba yang diselenggarakan Pemkot Semarang.

Usai upacara hari jadi kemarin, secara khusus jajaran pimpinan Jawa Pos Radar Semarang juga memberikan ucapan langsung kepada Wali Kota Hendrar Prihadi dan Wawali Hevearita Gunaryanti Rahayu. Rombongan dipimpin Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi, didampingi General Manager Iskandar, Pemimpin Redaksi Arif Riyanto, Manager Bisnis Sugiyanto Wiyono, Manager Keuangan Indah Fajarwati, Redaktur Pelaksana Ida Norlayla, serta Redaktur Kota M Rizal Kurniawan. Baehaqi sempat menyerahkan buket bunga segar kepada Hendi, dilanjutkan foto bersama. “Terima kasih atas ucapan teman-teman Radar Semarang. Sukses terus Radar Semarang,”kata Hendi. (den/aro)

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer