alexametrics

Ambulans Hebat Kota Semarang Layani 24 Jam Nonstop

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Memasuki usia 474 tahun, Kota Semarang terus berbenah. Pemerintah Kota Semarang terus berupaya meningkatkan pelayanan bagi masyarakat Semarang. Termasuk di bidang kesehatan. Salah satu program andalannya adalah “The Great Ambulance Hebat”.

Diresmikan 17 Januari 2017, sudah empat tahun Ambulans Hebat melayani masyarakat Kota Semarang. Dengan tagline “Cepat, Tepat, Selamat”, program tersebut berupaya memberikan penanganan kegawatdaruratan kesehatan yang dialami warga. Sehingga menghindari dampak fatal seperti kematian dan kecatatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang dr. Abdul Hakam menjelaskan hingga saat ini terdapat enam armada Ambulans Hebat yang tersebar di seluruh wilayah Semarang. Dengan rincian masing-masing satu unit di homebase Puskesmas Bangetayu, Puskesmas Halmahera, Puskesmas Srondol, Puskesmas Karangmalang, Puskesmas Pandanaran (pusat) dan Rumah Dinas Wali Kota Semarang khusus untuk penjemputan pasien covid. “Jadi tiap unit mengakomodir kebutuhan di wilayah masing-masing,” ujarnya

Untuk menunjang operasionalnya, Ambulans Hebat memiliki SDM berkompeten. Secara keseluruhan terdapat 24 dokter umum bersertifikasi ACLS/ATLS, 50 perawat bersertifikasi BTCLS, 22 bidan bersertifikat PPGDON, 44 driver ber SIM B1, delapan operator call center dan tujuh admin bersertifikasi public speaking. Semuanya bekerja dengan sistem shift. Sehingga dapat memberikan pelayanan maksimal 24 jam nonstop kepada masyarakat Semarang yang membutuhkan. Selain menggunakan mobil ambulans, juga tersedia delapan Ambulans Hebat Motor untuk menjangkau daerah dengan akses terbatas.

Pada 2020 lalu, tercatat ada 1.010 kecelakaan lalu lintas, 2.080 kondisi gawat darurat, 128 kondisi maternal neonatal (Persalinan) dan 3.197 kondisi non gawat darurat yang dilaporkan warga agar segera tertangani oleh Ambulans Hebat. Sementara di 2021 hingga Maret lalu, sudah ada 698 kondisi gawat darurat, 236 kecelakaanan lalu lintas, 31 kondisi persalinan dan 909 kondisi non gawat darurat yang dibantu dengan fasilitas ini. “Ambulans Hebat bisa menolong ibu bersalin. Kami ada program Raisa (Rawat Ibu Bersalin). Di mana tiap ibu yang melahirkan dapat mendapat layanan gratis antar jemput, persalinan, rawat inap dan laundry,” lanjutnya.

Hakam mengaku masih terus berinovasi. Dengan anggaran Rp 6,3 miliar tahun ini, pihaknya akan menghadirkan layanan lebih banyak lagi. Sehingga semakin banyak masyarakat Semarang yang mendapat manfaat dengan kehadiran Ambulans Hebat. “Silakan warga Semarang yang memang membutuhkan bantuan Ambulans Hebat bisa segera menghubungi call center 112 atau 1500-132. Atau menggunakan aplikasi berbasis android dan web untuk melihat ketersediaan tempat tidur rumah sakit dan puskesmas serta konsultasi langsung dengan dokter melalui chat Konter (Konsultasi Dokter). Dan yang penting semuanya gratis,” tegasnya. (akm/ton)

 

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer